SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Sejumlah ASN Pemkab Simalungun terlihat mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Simalungun, Senin (27/6/2022). 

Salah satunya Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan Zocson Silalahi, terlihat datang sekira pukul 9.40 WIB dengan diantarkan oleh mobil dinas. Juga beberapa ASN yang terlihat langsung memasuki kantor Kejari Simalungun setelah melapor ke PTSP. Sedangkan beberapa ASN lainnya sudah diperiksa di ruang tim Intel.

Kejari Simalungun memang kini aktif melakukan pemanggilan kepada sejumlah ASN terutama Dinas Pendidikan terkait Lapdu dan demo SAPMA PP beberapa waktu lalu.

Disdik dituding melakukan sejumlah dugaan korupsi, terkait pengadaan buku, pengadaan baju batik, penyaluran dana Bos dan pengadaan IT.

Tim Intel Kejari Simalungun sudah emamnggil setidaknya 42 Korwil Dinas Pendidikan se-kabupaten Simalungun, para kepsek dan juga hari ini giliran Kadisdik Simalungun Zocson Silalahi.

Hanya saja, Kasi Intel Asor Olodaiv Siagian belum dapat memberikan keterangan secara resmi tentang perkembangan hasil pemeriksaan.

Ia hanya menjelaskan dan membenarkan sudah melakukan pemanggilan ke sejumlah Korwil,Kepsek dan Kadisdik.

"Hasilnya belum bisa kita publikasikan,karena satu-satunya masih sebatas memintai keterangan, prosesnya masih Pubaket dan Puldata. Tapi kami sudah memanggil seluruh Kooordinator Wilayah (Korwil), para Kepsek dan juga Kadisdik Zocson Silalahi," paparnya.

Pihak Kejaksaan berupaya membuat kasus tersebut menjadi terang. Laporan pengaduan akan ditelaah dan dicari tahu kebenarannya. Jika ada perbuatan melawan hukum atau ada kerugian negara maka akan ditindaklanjuti atau sebaliknya.