SIANTAR, HETANEWS.com - Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia (RI-8) YM Dr. HM Syarifuddin SH, MH singgah di Pengadilan Negeri Pematangsiantar, Jumat (24/6/2022).

Kehadiran Ketua Mahkamah Agung itu disambut penuh kekeluargaan oleh Keluarga besar Pengadilan Negeri Pematangsiantar dan mendapatkan pengawalan ketat dari petugas kepolisian dari Medan-Parapat.

Tak banyak waktu, hanya singgah saja ibarat seorang Bapak mendatangi anaknya. Karena Pengadilan Negeri Pematangsiantar bukanlah menjadi tujuan kunjungan orang no 1 di lingkungan Peradilan itu.

Tujuan utama Bapak Syarifuddin adalah Kabupaten Samosir untuk melihat objek tanah yang akan dibangun Pengadilan Negeri di sana. Mengingat selama ini, perkara yang akan disidangkan dari Kejaksaan Negeri Samosir masih harus nyeberang ke Balige.

Demikian dikatakan humas PN Siantar Rahmat Hasibuan SH, ketika menjawab pertanyaan wartawan di sela sela kunjungan tersebut.

"Beliau hanya singgah, karena waktu yang terbatas dan harus segera berangkat menggunakan kapal Ferry ke Samosir," ungkapnya.

Ketua Mahkamah Agung terlihat sangat ramah dan penuh kekeluargaan, dengan sikap sederhana ia bersedia meluangkan waktu untuk jajarannya meski hanya berfoto. Syarifuddin terlihat sumringah meninggalkan Pengadilan Negeri Pematangsiantar atas penyambutan dirinya yang penuh kebersamaan.

"PN Siantar merasa sangat beruntung didatangi Ketua Mahkamah Agung meski hanya singgah. Hal ini merupakan suatu poin positif bagi PN Siantar untuk lebih mengenalkan kantor dan juga pegawai, meski hanya dalam waktu yang singkat," kata Rahmat.

Kedatangan Ketua Mahkamah Agung menjadi momentum yang sangat penting di Kota Pematangsiantar, khususnya Pengadilan Negeri Pematangsiantar. Karena belum tentu setiap 5 tahun atau bahkan 10 tahun lagi orang no 1 di Lembaga Peradilan itu bisa datang lagi.

Usai menikmati jamuan makan di PN Siantar, rombongan Mahkamah Agung langsung menuju Parapat dan Ajibata. Disana, keluarga besar Pengadilan Negeri Simalungun juga telah mempersiapkan keberangkatan menuju Samosir.