SIANTAR, HETANEWS.com - Tim Ekspedisi Sepeda Ontel Keliling Indonesia yang merupakan anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) singgah melintasi Kota Pematangsiantar, Jumat (24/6/2022) sekitar pukul 11.00 WIB.

Tim yang terdiri dari Ronny Hartono dan Effendi singgah di Balai Kota Pematangsiantar serta disambut Plt Wali Kota dr Susanti  Dewayani SpA. 

Saat berbincang dengan Plt Wali Kota Susanti di ruang kerja wali kota, Ronny Hartono mengucapkan terima kasih.

"Perkenalkan ibu, saya Ronny Hartono asal Kendal Provinsi Jawa Tengah dan teman saya Effendi asal Depok Provinsi Jawa Barat. Kami dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) sedang melakukan perjalanan ekspedisi keliling Indonesia dengan sepeda ontel," katanya.

Sebelum tiba di Kota Pematangsiantar, lanjutnya, mereka baru mencapai Pulau Sabang, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Selanjutnya mereka  akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Mentawai dan Indonesia Bagian Timur.

"Misi perjalan kita adalah mencintai tanah air. Sehingga dalam perjalanan ini kita mengumpulkan tanah dan air dari seluruh Indonesia yang kita lalui, yang nanti di Hari Sumpah Pemuda akan kita serahkan kepada Presiden Jokowi," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, mereka  meminta Plt Wali Kota Susanti membubuhkan tanda tangan dan memberikan testimoni yang nantinya dibukukan dan menjadi bagian dari cerita perjalanan mereka.

"Sekali lagi terima kasih atas sambutan yang ibu berikan. Semoga Ibu Wali Kota sehat selalu dan sukses memimpin Kota Pematangsiantar," ucap mereka.

Sementara itu, Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Pematangsiantar, ia mengucapkan selamat datang kepada tim ekspedisi.

"Saya merasa bangga dan haru atas perjalanan panjang Bapak Ronny dan Bapak Effendi dan hari ini berkesempatan singgah di Balai Kota Pematangsiantar. Dengan misi cinta tanah air, tentunya perjalanan ini bisa menjadi inspirasi bagi kita dan membangkitkan rasa nasionalisme kita semua," terangnya.

Plt Wali Kota Susanti mendoakan keduanya agar tetap semangat dan sehat. Sehingga dapat menyelesaikan misi perjalanan keliling Indonesia dan segera berkumpul kembali dengan keluarga tanpa kekurangan apapun. 

"Semoga cita-cita dan harapan Bapak-bapak tercapai dan NKRI harga mati, yang tentunya menjadi harapan kita semua sebagai anak bangsa dapat terwujud. Sehat dan sukses, tetap semangat. Doa kami masyarakat Pematangsiantar menyertai bapak-bapak sekalian," kata Plt Wali Kota Susanti dalam testimoninya.

Selanjutnya Plt Wali Kota Susanti memberikan cenderamata kepada keduanya.Tampak hadir, Ketua Kosti Pematangsiantar Muhammad Irsan Nasution dan sekretaris Yowanda Rahmazam.