HETANEWS.com - Menteri pariwisata Ekonomi kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan ke Desa wisata Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera utara Kamis (23/6/22) 
 
Kedatangan Sandiaga Uno ke Desa wisata Buluh Duri ini di karenakan Desa Buluh Duri merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi pemenang desa wisata terbaik, 50 besar anugerah desa Wisata Indonesia tahun 2022. 
 
Tiba di tempat ini, Sandiaga Uno disambut oleh Bupati Kabupaten Sergei Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan, unsur Forkopimda. dan sejumlah tokoh adat dan tokoh agama setempat, di iringi tarian tradisional adat Simalungun. 

Selanjutnya Sandiaga Uno, didampingi Bupati dan Wakil Bupati kemudian langsung melakukan uji adrenalin dengan melakukan arung jeram di aliran deras air Sungai Bah Bolon. 

Tanpa rasa takut, dari atas perahu yang di tumpanginya Sandiaga uno bersama rombongan terlihat begitu menikmati arung jeram kali ini, selama lebih kurang lima belas menit lamanya meyusuri derasnya aliran sungai Bah Bolon. 

Usai melakukan arung jeram bersama, Sandiaga Uno mengatakan anugerah Desa Wisata tahun 2022 merupakan salah satu program unggulan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif, Badan pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menggerakkan kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata di Indonesia.

 “Tujuan program ini guna menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di indonesia kepada wisatawan domestik maupun mancanegara”, ungkap Sandiaga Uno. 

Selanjutnya Ia berharap, dengan adanya program ADWI tahun 2022 ini kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif dalam targetnya dapat mencetak 1,1 juta lapangan pekerjaan. 
 
Sandiaga uno juga mengapresiasi pemerintah daerah setempat yang berperan aktif menghidupkan sektor wisata desa dan optimistis dapat mendorong perkembangan desa wisata secara berkelanjutan dan membangkitkan ekonomi masyarakat.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Dewi Yanthi Purba dihadapan Menteri Sandiaga Uno, dan undangan yang hadir mengatakan, masyarakat di sekitar bantaran Sungai Bahbolon telah memberdayakan dan mengembangkan pelatihan UMKM guna peningkatan perekonomian warga.

Meski demikian, Dewi Yanthi berharap agar Menparekraf dapat membantu warga sekitar dan pelaku usaha wisata desa setempat dengan memberikan bantuan berupaya unit perahu bagi para pelaku usaha rafting atau arung jeram, pembangunan balai pertemuan desa, dan gudang peralatan dan penyimpanan arung jerang para pelaku usaha.

 “Karena banyaknya tamu yang datang namun perahu yang tersedia hanya 13 perahu, untuk itu kami mohon bantuan Pak Menteri, kami juga memerlukan balai pertemuan untuk menampung tamu dan gudang penyimpanan peralatan Arung Jeram dan dapat menempatkan brosur wisata desa Buluh Duri untuk di letakkan di setiap bandara yang ada di Indonesia”, ungkap Dewi. 

Sementara itu, Bupati kabupaten Sergai, Darma Wijaya mengucapkan terimakasihnya atas kehadiran Menteri Sandiaga Uno ke wilayah Desa wisata Buluh duri,

“Saya berharap dengan kehadiran mas Menparekraf Sandiaga uno dapat menambah kehadiran wisatawan untuk mengunjungi wisata arung jeram buluh duri”, ungkapnya.