SIANTAR, HETANEWS.com - Seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar diingatkan untuk melakukan koordinasi, bersinergi, dan harmonisasi. Sehingga akan terwujud sinkronisasi dalam pelaksanaan urusan pemerintahan serta program dan kegiatan, sesuai tugas dan fungsi (tusi) masing-masing perangkat daerah.

Imbauan tersebut disampaikan Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA, saat membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah untuk Penyempurnaan Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah Kota Pematangsiantar Tahun 2022-2027, di Ruang Serbaguna Bappeda, Kamis (23/6/2022) mulai pukul 09.00 WIB.

Plt Wali Kota Susanti mengatakan pertemuan tersebut sebagai rangkaian kegiatan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pematangsiantar. 

"RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah. Dengan kata lain, apa yang dirumuskan akan berdampak pada keberhasilan kepala daerah dalam mewujudkan visi dan misinya," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Wali Kota Susanti meminta peserta Forum Perangkat Daerah untuk memberi perhatian penuh terhadap urusan pemerintahan daerah dalam merumuskan program kerja sesuai tupoksi perangkat daerah.

Plt Wali Kota Susanti juga mengharapkan peningkatan kualitas sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi, kualitas infrastruktur, dan lingkungan hidup, serta tata kelola pemerintahan dapat dituangkan dalam Renstra Perangkat Daerah, OPD yang nantinya mampu mewujudkan Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Sementara itu, Kabid Perencanaan  Perekonomian Bappeda Kota Pematangsiantar Sarifudin Saragih SSTP melaporkan, hasil yang diharapkan dalam pelaksanaan Forum Perangkat Daerah se-Kota Pematangsiantar Tahun 2022-2027 adalah mendapatkan rumusan masukan dan saran dari pemangku kepentingan untuk penyempurnaan rancangan awal Renstra Perangkat Daerah. 

"Hasilnya juga berupa berita acara kesepakatan Forum Perangkat Daerah. Selanjutnya hasil Forum Perangkat Daerah ini juga menjadi penyempurnaan Rancangan Awal Renstra Perangkat Daerah," sebutnya.

Sedangkan peserta Forum Perangkat Daerah terdiri atas Sekretaris Daerah, para Staf Ahli, Asisten, Sekretaris DPRD, Inspektur, pimpinan OPD, Direktur RSUD dr Djasamen Saragih, Kepala Bagian, dan camat se-Kota Pematangsiantar.