SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani didampingi Kepala BPBD Ramadhan Damanik dan Camat Dolok Panribuan meninjau tiga titik longsor di Daerah Irigasi Kampung Sulim wilayah Kecamatan Dolok Panribuan, Kamis (23/6/2022)

Banjir dan longsor terjadi saluran irigasi di Kampung Sulim di Nagori Bandar mengakibatkan jebolnya saluran irigasi dan merobohkan tembok dekat sekolah Katolik St. Antonius Padua di Tiga Dolok hingga merusak bangunan dan mes suster sekolah, kerugian yang dialami oleh pihak Sekolah diperkirakan kurang lebih Rp 250 juta dan korban luka 1 orang.

Kemudian longsor terjadi jalan kabupaten penghubung Tigadolok-Palia Naopat di Nagori Palia Naopat yang merusak badan jalan, sehingga aktifitas masyarakat terganggu. Lalu longsor juga terjadi di jalan kabupaten Silimapuluh Nagori Negeri Dolok.

Disela-sela peninjauan tiga titik lokasi banjir dan longsor, Bupati Simalungun langsung memerintahkan Kepala BPBD dan Dinas PUPR  untuk melakukan perbaikan.

“Saya minta ini di gambar dahulu serakah nanti konsepnya kepada saya dan segera mungkin di tangani. Ini sudah sangat para, karana ini juga merupakan akses jalan bagi masyarakat di sini,”tandas Bupati.

Selanjutnya Bupati menjelaskan bahwa terjadinya banjir dan longsor diakibatkan hujan deras kemarin sore (Rabu 22/6) sehingga saluran irigasi ini tidak sanggup menerima debit air yang banyak.

“Dan di karena juga gorong gorong yang berada di saluran irigasi kampung Sulim ini terlalu kecil,”kata Bupati.