Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Simalungun melaksanakan Kegiatan Penguatan Dan Pengembangan Lembaga Peyedia Layanan Peningkatan Kualitas Hidup Anak Kewenangan Kabupaten/Kota dalam bentuk Pembentukan Forum Anak Simalungun (FORASIMA) Tingkat Kecamatan di Kabupaten Simalungun Tahun 2022.

Kepala Bidang Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak DPPPA Kabupaten Simalungun Bernadetta Dameria Butar Butar mengatakan bahwa kegiatan tersebut melibatkan seluruh camat dan perwakilan siswa SMP dan Guru Pendamping dari masing – masing sekolah, yang berlangsung di 5 titik lokasi kegiatan yaitu di Kecamatan Purba, Panei, Dolok Panribuan, Tapian Dolok dan Bandar pada tanggal 14 -17 dan 20 Juni 2022.

Sementara itu Kadis PPPA, Sri Wahyuni saat membuka secara resmi kegiatan disetiap lokasi mengatakan bahwa anak-anak adalah mutiara bangsa yang keberadaannya menjadi penting untuk diayomi, disayangi dan dididik dengan memperhatikan hak dan kewajibannya dab berdasarkan Konvensi Hak Anak salah satunya adalah hak berpartisipasi.

Menurut Sri Wahyuni, salah satu wadah partisipasi anak untuk menyampaikan aspirasi dalam menjalankan program atau kegiatan yang berkaitan dengan anak adalah forum anak daerah.

“Forum anak diharapkan dapat bermanfaat sebagai wadah atau sarana bagi anak untuk berkumpul dan aktif menyuarakan serta menyampaikan aspirasi, pendapat, sarana kreatifitas, minat dan bakat serta kepentingan dan kebutuhannya secara lebih formal dan terarah,”kata Sri Wahyuni.

Sebagai Nara sumber kegiatan tersebut adalah Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Simalungun Mansur Panggabean, SH dan unsur dari DPPPA Kabupaten Simalungun, dengan materi tentang Urgensi Forum Anak Daerah dan Data Kasus Kekerasan Terhadap Anak Pencegahannya, serta materi partisipasi Anak.

Selama Kegiatan berlangsung, terlihat anak – anak sebagai perserta kegiatan sangat antusias dan bersemangat mengikuti jalannya kegiatan. Dikegiatan itu setiap anak tampil ke depan forum untuk menyampaikan hobby dan cita – cita mereka.

Selain itu, para anak-anak juga menyampaikan aspirasinya, tentang Pemenuhan Hak Anak serta menyampaikan keinginannya menjadi Ketua FORASIMA dari kecamatan mereka masing – masing.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun, para Camat dan para siswa/i SMP perwakilan dari sekolah, beserta Guru Pendamping Siswa.