SIANTAR, HETANEWS.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas), baru-baru ini mengeluarkan kebijakan terkait pengendara sepeda motor yang tidak lagi menggunakan sendal jepit melainkan mengenakan sepatu.

Kebijakan tersebut dikatakan langsung Kakor Lantas Polri Irjen Firman Syahtanyabudi, dimana dirinya menyatakan bahwa hal itu merupakan komitmen untuk menjaga ketertiban yang harus dimulai dari diri sendiri.

Dalam kebijakan itu, Kasat Lantas Polres Siantar AKP Relina Lumbangaol, ketika ditanya terkait hal itu. Dirinya menyatakan bahwasannya mereka telah melakukan himbauan kepada masyarakat Kota Siantar.

"Tetap kita lakukan himbauan kepada masyarakat khususnya bagi pengendara sepeda motor agar tetap mengutamakan keselamatan," ucap Kasat Lantas AKP Relina melalui pesan singkat whatsaap, Selasa (21/6/2022).

Relina mengatakan, bahwa ada tidak ada sanksi tilang untuk pengendara sepeda motor yang menggunakan sendal jepit. Namun petugas tetap akan memberikan himbauan dan edukasi.

Selain itu, tujuan dari himbauan memakai sepatu saat berkendara roda dua adalah meminimalisir fatalitas kecelakaan di jalanan, karena pemakaian sendal jepit saat mengendarai roda dua tidak ada proteksi jika bersentuhan langsung dengan aspal.

"Untuk itu kami tetap menghimbau kepada masyarakat agar tertib belalu lintas dan kita selamatkan anak bangsa," tutupnya.