TAPTENG, HETANEWS.com - Seminggu berjalan Operasi Patuh Toba (OPT)  2022, personil Satuan Lalu Lintas Polres Tapanuli Tengah (Tapteng) memberikan 255 teguran lisan kepada pengendara diwilayah hukumnya.

Kapolres Tapteng AKBP Jimmy Christian Samma, S.I.K melalui Kasi Humas AKP Horas Gurning menyebut pengendara roda dua mendominasi pelanggaran di jalan raya akibat tidak memakai helm SNI.

“Jadi sejak dimulai dari Senin (13/6/2022) hingga Minggu (19/6/2022) atau tepatnya seminggu dilaksanakannya Operasi Patuh Toba 2022 ini, personil lalulintas kami telah mengeluarkan 255 teguran lisan, dan didominasi akibat tidak menggunakan helm oleh pengendara sepeda motor saat berkendara,” kata Horas (20/6/2022).

Sementara itu, dari 255 teguran lisan yang diberikan personel kepada pengendara, 200 orang merupakan usia remaja (15-20 Tahun) yang tidak menggunakan Helm.

“OPT ini bertujuan untuk mengajak masyarakat tertib dan disiplin dalam berlalu lintas. kemudian menurunkan angka pelanggaran maupun fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, jadi bagi pengendara roda dua khususnya mari gunakan helm dan bagi para orang tua mohon juga diberi nasehat kepada anaknya untuk menggunakan helm, karena helm itu sangat penting untuk menghindari fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,” ucapnya

Sesuai jadwal OPT 2022 akan berakhir pada Minggu (26/6/2022) dan diharapkan memberikan hasil pada peningkatan kesadaran masyarakat untuk taat berlalu lintas saat berkendara.