SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Anak anak berkumpul di Posko Satgas Covid-19 Kabupaten Simalungun, Jln.Asahan Km.6, Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, untuk mengikuti sunat massal, Jumat (17/6/2022).

Mereka mengantri mengikuti sunatan massal dalam acara bakti kesehatan secara serentak, yang dibuka oleh Kapolri melalui zoom meeting dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

Ratusan anak silih berganti keluar dan masuk ruang sunatan massal yang digelar dengan diantar oleh orang tua mereka masing-masing.

Mereka terlihat antre di bawah tenda peserta.
Seorang peserta, Andi (8), terlihat menangis tersedu-sedu saat proses sunatan berlangsung.

Orang tua, Andi, harus berjibaku menenangkan anaknya yang mengamuk saat disunat.

"Aduh sakit, sakit," kata Andi sembari berpegangan erat dengan ibunya, Ratih, di Posko Satgas Covid-19 tempat dilaksanakannya sunat massal.

Ratih menuturkan, Andi merupakan anak ketiga dari empat bersudara, yang takut apabila melihat jarum suntik.

"Anak saya ini takut apabila melihat jarum suntik, jadi susah, tadi dia mengamuk," kata Ratih.

Tetapi, ia bersyukur karena usai sunatan anaknya kembali tenang dan tidak mengeluh apapun.

"Kita bersyukurlah dengan sunatan massal gratis ini. Karena apabila harus membayar, biaya sebesar Rp600.000 hingga Rp700.000," ucapnya.

Ratih mengatakan, usai disunat, anaknya mendapatkan sejumlah bingkisan dari panitia yang melaksanakan kegiatan sunatan masal.

Terpisah, Kapolres Simalungun, Akbp Nicolas Dedy Arifianto mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan rangkaian dari kegiatan bakti sosial dan kesehatan.

"Hari ini mengadakan bakti sosial dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76 tahun. Kami bersama korem, kejaksaan, Dinkes dan BPBD Simalungun bersama-sama mengadakan bakti sosial bergabung bersama merayakan HUT Bhayangkara," kata kapolres.

Ia menjelaskan, 272 orang anak mengikuti kegiatan sunatan massal, 1.000 peserta vaksinasi, dan 3 orang peserta bibir sumbing.

"Kemudian, kami juga memberikan bantuan sosial dan paket sembako yang disebar di seluruh Polsek Sejajaran Polres Simalungun sebanyak 200 paket. Kegiatan berjalan serentak setiap Polsek-polsek yang ada di Polres Simalungun melaksanakan ini," imbuhnya.