SIANTAR, HETANEWS.com -Jamaah Calon Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar diberangkatkan dari halaman Balaikota, Kamis (16/6/2022)

Eesok,Jumat (17/6) rombongan akan bertolak ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Kuana Namu Deliserdang.

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani mengatakan saat ini jamaah keadaan sehat dan bugar. Itu menandakan jamaah telah siap jasmani dan rohani untuk menunaikan ibadah Rukun Islam kelima.

"Mudah-mudahan kondisi bapak/ibu akan terjaga sampai kepulangan bapak/ibu ke Indonesia. Kami juga mengharapkan bapak/ibu memperbanyak sabar, ikhlas, dan selalu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci yang saat ini suhunya cukup panas, berkisar 50 derajat celcius," katanya.

Untuk itu jamaah diimbau perbanyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi dan pergunakan waktu istirahat sebanyak-banyaknya.

"Kami juga berharap kepada bapak/ibu Jamaah Calon Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar untuk selalu jaga kebersamaan dalam rombongan," tukasnya.

 Plt Wali Kota Susanti mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kantor Kementerian Agama Kota Pematangsiantar yang telah berkolaborasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi Jamaah Calon Haji/Hajjah.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Pematangsiantar mengucapkan selamat menunaikan ibadah Haji kepada Jamaah Calon Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar."

"Semoga menjadi Haji/Hajjah Mabrur dan Mabruroh. Kami mohon titip doa untuk mendoakan kami yang belum berangkat Haji agar dapat melaksanakan Haji di kesempatan berikutnya. Titip doa juga untuk Kota Pematangsiantar. Semoga ayang menjadi cita-cita kita agar Kota Pematangsiantar Bangkit dan Maju menuju Kota Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas segera terwujud," pesannya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pematangsiantar Drs H Muhammad Hasbi MH dalam laporannya menerangkan, Jamaah Calon Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar dilepas Plt Wali Kota Pematangsiantar untuk masuk Embarkasi Medan.

Jamaah makan siang dan menunaikan sholat Zuhur di Kebun Rambutan Kota Tebingtinggi.

Selanjutnya pukul 17.00 WIB jamaah masuk Asrama Haji Medan, setelah sebelumnya menjalani pemeriksaan kesehatan. 

Keesokan harinya, Jumat (17/6/2022) pukul 14.00 WIB, jamaah dilepas dari  Asrama Haji Medan menuju Bandara Internasional Kuala Namu Deliserdang. Pukul 18.00 WIB, jamaah bertolak Arab Saudi menggunakan pesawat Boeing 747 menuju ke Madinah.