MEDAN, HETANEWS.com - Gubernur Sumut  Edy Rahmayadi meminta semua pihak  memaksimalkan kegiatan Women20 (W20) Summit, untuk membuka mata dunia tentang Sumut, khususnya Danau Toba.

W20 Summit akan digelar di Parapat pada 18 hingga  21 Juli 2022. Puluhan delegasi dari negara-negara anggota Group of Twenty (G20) akan hadir membahas isu-isu kesetaraan gender, pembangunan perempuan, hingga  kerja sama ekonomi.

"Kita harus bisa membuka mata semua orang bagaimana hebatnya Sumut. Tanpa event seperti ini sulit mengumpulkan tokoh-tokoh internasional, karena itu semua pihak perlu berkontribusi," kata Edy, Kamis (16/5/2022).

Edy mengatakan, ajang ini juga menjadi wadah untuk mempromosikan Sumut, khususnya Danau Toba.

"Promosi itu mahal dan kali ini kita dipromosikan W20, jadi jangan disia-siakan. Perkenalkan kebudayaan kita, alam kita dan tentu infrastruktur kita harus memadai," kata Edy.

Chairwoman W20 Hadriani Uli Silalahi mengatakan,  saat ini sudah sudah 15 negara yang mengonfirmasi hadir secara langsung. Sebagian negara juga mengirim lebih dari tiga delegasinya untuk seperti Amerika Serikat tiga orang, India enam orang dan Italia delapan orang.

Uli mengakui persiapan W20 Summit di Danau Toba lebih sulit karena di empat kota sebelumnya dilakukan secara virtual.

"Ini lebih sulit tentunya karena di Likupang, Banjarmasin, Manokwari, Kota Batu dilakukan secara virtual. Saya terharu dengan dukungan yang diberikan Pemprov Sumut yang sudah mendukung sejak tahun lalu. Sumut sudah siap jadi tuan rumah," kata Uli.

sumber: suara.com