HETANEWS.com - Agenda yang pertama adalah melakukan kunjungan ke University of Melbourne pada 24 Mei 2022. Pertemuan ini diagendakan untuk bertemu dengan Professor Paul Kofman (Dean of Faculty of Business and Economics), Professor Peter Gahan (Associate Dean Teaching & Learning), Professor Jennifer Grafton (Associate Dean in International Relations), dan Professor Susan Ainsworth (Associate Dean Research).

Dalam upaya menggenjot posisi Universitas Indonesia (UI) di level global, selain dengan menciptakan pendidikan yang lebih inovatif dan kolaboratif, maka tiap fakultas di UI aktif bersinergi dan melihat dari dekat kampus-kampus bergengsi di mata dunia. Di antara fakultas tersebut adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Belum lama ini, Dekan FEB UI Teguh Dartanto, Ph.D., melakukan kunjungan selama dua hari ke perguruan tinggi yang ada di Australia, dengan beberapa agenda pertemuan.

Dalam pertemuan ini dibahas beberapa agenda, diantaranya mengenai kesempatan bagi para mahasiswa, alumni, maupun peneliti UI untuk dapat melakukan kolaborasi dengan University of Melbourne; pembahasan kedua mengenai program double degree; pembahasan ketiga mengenai kesempatan melakukan kolaborasi dalam Studi Lapangan Global; dan pembahasan mengenai kesempatan untuk melakukan penelitian bersama.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan pertemuan dengan mahasiswa jenjang S-1 Kelas Khusus Internasional (KKI). Agenda dalam pertemuan tersebut adalah sharing session untuk mendengar pengalaman, feedback, serta saran dari para mahasiswa program Double-Degree yang mengenyam pendidikan di University of Melbourne.

Selanjutnya, Dekan FEB UI melaksanakan pertemuan ketiga dengan Prof. Mike Ewing, PRT Chair (Executive Dean of the Faculty of Business and Law at Deakin University). Dalam pertemuan itu, Dekan FEB UI bertujuan untuk memperoleh tips dan saran untuk mempersiapkan kegiatan visitasi The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) di FEB UI yang lebih baik.

Terakhir, pertemuan keempat dilakukan pada 25 Mei 2022 dengan Tim Centre for Development Economics and Sustainability (CDES) dari Monash University. Pertemuan dilakukan bersama Prof. Asad Islam yang merupakan Direktur CDES dengan diikuti oleh tiga orang anggota tim. Pertemuan ini membahas berbagai kolaborasi yang akan dilakukan CDES dengan FEB UI. Kolaborasi tersebut meliputi penyelenggaraan Short Course Executive Education dengan target market executive dari Badan Umum Milik Negara (BUMN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yang tertarik untuk mempelajari metode riset dan analisis data.