JAKARTA, HETANEWS.com - Kepala Pusat Kesehatan (Kapuspek) TNI Mayjen TNI dr. Budiman menyebut, subvarian Omicron BA.4 dan BA.5, tidak berbahaya. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu panik dan takut.

"Kalau kami membaca (varian) BA.4 dan BA.5 itu sendiri sebetulnya salah satu varian yang tidak signifikan. Maksudnya tidak menimbulkan gejala yang berat. Jadi, kita tidak perlu takut," kata Budiman, Selasa (14/6/2022).

Meski tidak menimbulkan gejala yang berat, rumah sakit darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, tetap memastikan ketersediaan sarana dan prasarana untuk menanggapi situasi peningkatan kasus.

Persiapan itu sebagai bentuk kesiagaan RSDC Wisma Atlet Kemayoran dalam merespons peningkatan kasus yang mungkin terjadi ke depannya.

Adapun sejumlah sarana dan prasarana yang dipastikan adlaah alat-alat kesehatan, obat-obatan, oksigen, alat perlindungan diri atau APD, serta ketersediaan tempat tidur sebanyak 3.801 unit.

"Sarana-prasarana itu semua sudah tersedia. Pendukung yang lain, misalkan oksigen, itu ada banyak. Bahkan, oksigen hampir tidak diperlukan untuk varian ini," katanya.

Pihaknya juga memastikan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) untuk menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

sumber: suara.com