SIANTAR, HETANEWS.com - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Siantar-Simalungun diharapkan menjadi mitra strategis Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar untuk bersama membangun Sumber Daya Manusia (SDM) bidang kesehatan khususnya tenaga medis (dokter).

Serta menjadi mitra Pemko Pematangsiantar untuk bersama-sama menjalankan program program Siantar Sehat sejahtera dan Berkualitas 

Hal itu disampaikan Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA pada Musyawarah Cabang (Muscab) IDI Siantar-Simalungun 2022 dan Simposium Ilmiah IDI 
Siantar-Simalungun, di Sapadia Hotel Pematangsiantar.

dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya menyampaikan, tidak terasa kepengurusan IDI Cabang Siantar-Simalungun telah berakhir. Tentunya perjalanan yang panjang bagi pengurus dalam menjalankan roda organisasi sehingga dapat berjalan dengan baik dan penuh makna. 

Selaku anggota IDI Cabang Siantar-Simalungun serta sekaligus sebagai Plt Wali Kota Pematangsiantar, Susanti berharap IDI bisa menjadi salah satu mitra strategis Pemko Pematangsiantar dalam membangun SDM bidang kesehatan, khususnya tenaga medis (dokter). Serta menjadi mitra Pemko Pematangsiantar dalam bersama-sama menjalankan program kesehatan di masyarakat untuk mewujudkan Siantar Sehat sejahtera dan berkualitas tuturnya.

"Saya menyadari Kabupaten Simalungun yang secara geografi dan demografi mengelilingi Kota Pematangsiantar, dalam bidang kesehatan tentunya juga menjadi mitra pemerintah daerah dalam mensukseskan program-program nasional bidang kesehatan. Demikian juga, kepada para pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan, baik direktur/pimpinan rumah sakit, pimpinan puskesmas, dan pimpinan klinik, saya mengajak agar kita bergandengan tangan, bersama-sama mensukseskan program pemerintah nasional kita khususnya dalam bidang kesehatan," ajaknya. 

dr.Susanti juga mengajak para senior, junior, dan sejawat dokter yang tergabung dalam IDI Cabang Siantar-Simalungun untuk bersikap profesional di tempat kerja masing-masing. dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, dan sekitarnya.

Terkait Simposium Ilmiah yang digelar IDI Cabang Siantar-Simalungun, dengan Topik DIAGNOSA dan TATA LAKSANA HEPATITIS AKUT pada ANAK, yang didukung sepenuhnya oleh Rumah Sakit Columbia Asia Medan, dengan menghadirkan pembicara di bagian pediatri, Dr Supriatmo MKed Sp.A (K) dan Dr Nizam Zikri Akbar SPJP FIHA, dan dengan topik lain STATE of THE ART Penanganan Penyakit Jantung, dr. Susanti juga menyampaikan keyakinannya bahwa simposium akan menyegarkan keilmuan dan memberikan informasi terbaru di bidang pediatrik dan cardiologi. 

Dalam kesempatan tersebut, Plt Wali Kota Susanti mengucapkan terima kasih kepada manajemen RS Columbia Asia Medan yang telah berkenan hadir di kalangan sejawat dokter di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun. Saya berharap pelaksanaan Musyawarah IDI Cabang Siantar-Simalungun Tahun 2022 ini yang dirangkai kegiatan ilmiah berupa simposium, dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kita semua praktisi medis punya tantangan besar dalam program p nasional bidang kesehatan seperti: pandemi Covid-19 yang sesungguhnya belum berakhir dan pencapaian vaksin Covid-19 yang maksimal, permasalahan hepatitis akut yang sedang merebak, bagaimana mensukseskan program penanganan stunting, mensukseskan program BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional), serta berbagai program pemerintah secara nasional, yang tentunya agar kita semua dapat berperan dan saling bekerja sama satu dengan lainnya sesuai kapasitas kita masing-masing," tutupnya.

Sementara Ketua IDI Cabang Siantar-Simalungun dr SP Reinhard Sihombing MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada yang telah hadir, termasuk manajemen RS Columbia Asia Medan.

"Kami menyatakan IDI Cabang Siantar- Simalungun mendukung kepemimpinan Ibu Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA. Ini kali pertama ada dokter yang menjadi pemimpin di Kota Pematangsiantar. Untuk itu kita sebagai teman sejawat harus mendukung dengan cara kita meningkatkan kinerja kita dengan memberikan perubahan-perubahan dan terobosan di bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

Tampak hadir, General Manager RS Columbia Asia Medan Deny Hidayat, para direktur/pimpinan RS se-Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, serta anggota IDI Cabang Siantar-Simalungun