HETANEWS.com - Unggahan video yang menampilkan atraksi tong setan baru-baru ini viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun ini pada Minggu (5/6/2022).

Video viral itu menampilkan dua pengemudi atraksi tong setan yang saling beriring-iringan memutari roda papan kayu dengan ketinggian tertentu.

Mereka mengelilingi roda putar tersebut sambil menggeber kecepatan motor agar tetap bisa melaju di pusaran tong. Nahasnya, salah satu dari dua pengemudi tersebut melewati jalur roda putar sehingga menabrak penonton yang tengah menyaksikan atraksi tersebut.

"Infonya roda putar di pasar malam Pagar Alam keluar jalur? Saat ini para korban telah dibawa ke RSUD Besemah," tulis pengunggah dalam kolom takarir.

Warga yang melihat insiden tersebut berteriak histeris tepat ketika motor mengenai sejumlah penonton di salah satu sisi.

Umumnya, aktraksi tong setan kerap ditemukan pada acara pasar malam di sejumlah kota. Atraksi ini menyuguhkan papan kayu berbentuk tabung dengan diameter 6-11 meter.

Di dalam tabung raksasa tersebut, seorang pengemudi motor melaju di sepanjang tembok vertikal selama pertunjukan berlangsung.

Hingga Rabu (8/6/2022), unggahan video tersebut telah ditonton oleh 50.500 pengguna akun Instagram dan disukai 3.280 penggunanya. Bahkan sekitar 200 pengguna meninggalkan komentar di video tersebut.

Kronologi kejadian

Insiden atraksi tong setan yang menghantam pengunjung tersebut diketahui terjadi di acara Pagaralam Expo, Kota Pagaralam, Sumatra Selatan, Sabtu (4/6/2022) malam.

Kasat Reskrim Polres Pagaralam AKP Najamudin mengatakan, insiden tersebut berawal dari digelarnya pertunjukan atraksi tong setan oleh pihak panitia Pagaralam Expo.

Aktraksi unik tersebut menarik perhatian para pengunjung sehingga banyak warga yang berkerumun untuk melihatnya. Mayoritas dari pengunjung yang menonton adalah anak-anak.

Mereka menyaksikan dua pengemudi motor yang tengah melakukan atraksi tong setan. Dua pengemudi itu memutari tong kayu dengan kecepatan tinggi.

Pada putaran kesekian, tali gas motor milik salah satu pengemudi tersangkut dan putus. Akibatnya, pengemudi kehilangan kendali dan keluar dari tong.

"Tali gas motornya putus sehingga tidak bisa berhenti," ungkap Najamudin, dikutip dari Kompas.com (5/6/2022).

Insiden tersebut berlangsung begitu cepat lantaran motor melaju cukup kencang. Penonton tampak tak menyadari ketika pengemudi motor mulai keluar jalur dan menghantam deretan penonton.

12 anak jadi korban

Menurut keterangan Najamudin, motor yang ditunggangi salah satu pengendara tersebut menghantam 12 penonton. Kedua belas korban itu adalah anak-anak yang tengah menyaksikan atraksi tersebut.

"12 anak-anak yang ditabrak semuanya penonton," terangnya.

Seluruh korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Basemah. Salah satu dari 12 korban mendapatkan perawatan intensif lantaran terkena benturan di bagian kepala.

Pengemudi diamankan

Diberitakan sebelumnya, pihak kepolisian telah mengamankan pengemudi motor dalam atraksi tong setan itu. Mereka akan dimintai keterangan dengan status sebagai saksi.

Akan tetapi, Najamudin mengatakan bahwa pengemudi bisa diproses hukum apabila dalam pemeriksaan terbukti melakukan kelalaian.

"Indikasinya memang ada kelalaian," ujarnya.

Mengacu pada pasal 360 KUHP ayat 2 tentang kelalaian yang menyebabkan korban, pelaku terancam hukuman 9 bulan penjara. Namun, untuk saat ini pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan terhadap pengemudi.

Atraksi ditutup

Usai adanya insiden itu, pihaknya segera menutup atraksi tong setan.

"Saat ini atraksi tong setan telah ditutup," kata Najamudin.

Tak hanya menutup atraksi tersebut, pihak kepolisian juga meminta keterangan seluruh kru dan panitia atraksi terkait insiden kecelakaan itu.

Sumber: kompas.com