SIANTAR, HETANEWS.com - Anggota Komisi III DPRI, DR Hinca IP Pandjaitan melakukan Orasi Budaya dengan tema "Pers Keadilan dan Demokrasi" dalam acara ulangtahun Hetanews ke 8 yang dilakukan di Jalan Narumonda Atas, Kelurahan Kristen, Kecamatan Siantar Selatan, Senin (30/5/2022).

Dalam orasinya, Hinca menyatakan bahwa ditanggal 30 Mei ada 3 peristiwa besar yang patut dirayakan dan tidak bisa dilupakan oleh dirinya. Dimana pada tanggal 30 Mei merupakan hari lahir salah satu permain sepak bola legendaris Steven Gerrad.

Kemudian yang kedua, 7 tahun yang lalu PSSI dijatuhi sanksi berupa pembekuan oleh FIFA akibat intervensi pemerintah. Peristiwa itu membuat dirinya harus bergerak untuk menyatukan pikiran-pikiran yang berserakan. Namun permasalahan itu dapat diselesaikan oleh dirinya.

"Dan yang terakhir 30 Mei adalah sejarah yang teramat penting bagi insan pers di Sumatera Utara, karena salah satu perusahaan persnya yang bernama Hetanews berulang tahun yang ke-8,"ucap Hinca dalam awal kata sambutannya.

Menurutnya, Hetanews merupakan salah satu dari puluhan ribu media yang ada di bumi pertiwi. Karena mereka memiliki tujuan mulia untuk menjaga peradaban Siantar agar tetap dalam koridor demokrasi dan mereka selalu berupaya meletakkan pondasi keadilan di dalam setiap kolom tulisan-tulisannya, agar setiap warga di kota ini mendapatkan ruang yang bebas dan terang atas sajian yang mereka persembahkan setiap harinya.

Sebab, nilai dasar dari keadilan itu sendiri adalah kejujuran, justice as fairness. Pers mengemban tugas luhur dalam setiap pemberitaannya. Mereka menggendong banyak peristiwa, menjaga brankas fakta dan menyiarkannya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya kepada setiap pembaca.

Posisi pers tidak semata mengedepankan sajian yang menjadi refleksi dari kehendak nurani para pemiliknya, tetapi lebih dari itu, mereka juga adalah tonggak harapan rakyat untuk memastikan kebenaran dari banyaknya peristiwa untuk dikemas menjadi suatu karya yang membawa peradaban umat manusia pada sebuah kemajuan.

"Saya bersama Hetanews telah mengarungi Kota Siantar bertahun-tahun untuk menjemput satu demi satu orang-orang yang dirampas keadilannya. Orang-orang marjinal itu terpojokkan oleh suatu sistem yang begitu menjijikan. Mengapa demikian? Sebab, uang-uang negara harus habis oleh karena perlakuan, kebiasaan dan bahkan kesengajaan para oknum-oknum yang sangat dangkal integritasnya membawa barisan manusia terkunci sakit didalam bilik penjara," tegasnya dalam orasinya.

Sekali lagi selamat Ulang Tahun ke-8 untuk Hetanews, teruslah menyebarkan berita kebaikan serta menabur kebenaran. Karena itu adalah esensi dari Pilar ke-4 Demokrasi.