HETANEWS.com - Forum Komunikasi Kepala Desa [Kades] di Dolok Sanggul, Humbahas menyampaikan selamat dan sukses atas perayaan HUT Ke 8 Hetanews. 

Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa, Anton Simamora berharap Hetanews sebagai media dapat menjalankan perannya sebagai media,

"Selamat ulang tahun untuk media online Hetanews yang ke 8 tahun. Dengan usia yang sudah sewindu ini semoga kedepannya Hetanews semakin lugas dalam pemberitaan dan tetap mengedukasi masyarakat", ujar kepala Desa Bonanionan ini dihubungi, Senin (30/5/2022) 

Mewakili para Kepala Desa, Anton mengirimkan papan bunga sebagai tanda bersukacita pada perayaan HUT yang diselenggarakan di kantor redaksi di Jalan Narumonda Siantar Selatan, Kota Siantar, Senin (30/5).

Adapun sepenggal kisah berdirinya Media Online Hetanews adalah Berawal dari keinginan memberi suguhan menarik bagi pembaca koran di Siantar-Simalungun, pada awal Mei 2014 kami hadir dalam bentuk portal berita online pertama dengan nama website Hetanews.com. 

Pada masa itu koran koran terbitan Medan dan Siantar menjadi media utama yang menyajikan informasi kepada masyarakat. Sementara media online saat itu tak terlalu dikenal apalagi di daerah seperti Siantar- Simalungun.

Hetanews didirikan di Kota Siantar oleh pemuda asli Siantar. Kota berhawa sejuk itu menjadi basis liputan awal kemudian merambah ke wilayah tetangga, Kabupaten Simalungun. 

Nama Heta diambil dari bahasa daerah setempat yaitu ‘Eta’ yang artinya Ayo. Heta juga singkatan dari Hiburan, Edukasi, Transparansi dan Amanah yang menjadi tagline dari Hetanews.com.

Nama itu mulanya terinspirasi dari kehidupan para awak wartawan di Siantar Simalungun yang sebelum memburu berita ngopi dulu di warung kopi. 

Oleh para wartawan itu, Eta [Ayo] menjadi seruaan yang dilontarkan untuk mengingatkan sesama wartawan agar beranjak dari tongkrongan dan melakukan tugas peliputan. 

Pada perayaan Hut Ke 2 Hetanews.com yang jatuh pada 15 Mei 2015, Hetanews secara resmi memperkenalkan diri kepada pembaca dan masyarakat Siantar-Simalungun. 

Dua tahun kemudian basis pemberitaan Hetanews merambah ke daerah lain seperti Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, Toba dan Samosir. Hetanews juga semakin dikenal oleh para perantau di luar negeri yang merindukan kabar dari kampung halaman mereka. 

Pada medio 2018 Hetanews melebarkan sayap dengan mendirikan kantor di perumahan Tasbih Kota Medan. Dengan semangat ‘Era Baru’ Hetanews berupaya menjadi media berbasis di Sumatera utara.

Namun seiring berjalannya waktu, Hetanews pun jatuh bangun seperti nasib perusahaan media lainnya. Kedudukan di Kota Medan resmi dibekukan setahun kemudian dan beberapa personil mengundurkan diri. 

Hal itu juga diperparah oleh kondisi pandemi yang menghantam pada 2020-2021. Hetanews akhirnya mencoba bertahan dan kembali merangkak dengan personil yang masih bertahan. 

Meski begitu Hetanews masih tetap eksis dan berupaya memberikan yang terbaik. Salah satunya menjadi tempat belajar bagi para Mahasiswa  jurusan komunikasi dari kampus di Manado dan Aceh. Mereka magang di Hetanews selama berbulan bulan.

Dalam perjalanan sewindu ini Hetanews tentunya sudah mengenyam perjalanan berliku. Tak mudah menyerah meski rintangan di depan mata siap menyergap. 

Perayaan HUT Ke 8 Hetanews kali ini, Hetanews masih tetap eksis untuk melayani pembaca sebagai sahabat yang tak terpisahkan.