SIANTAR, HETANEWS.com - Plt Ketua Baznas Kota Siantar Syaiful Amin Lubis, bersilaturahmi ke kantor Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Siantar, Selasa (23/5/2022).

Kedatangan pengurus Baznas disambut oleh Ketua Umum MUI H.M Ali Lubis didampingi oleh Sekretaris Umum MUI H Ridwansyah Putra, Wakil Ketua Umum dan Sekretaris MUI.

Adapun pertemuan ini dalam rangka meminta arahan dan nasehat dari para ulama khususnya Ketua MUI dalam agenda percepatan kerja kerja Baznas dalam kaitan dengan target produktif potensi Muzakki dari elemen ummat dan keumatan secara umum.

"Banyak insight dan masukan yang kami dengarkan dan kami terima dengan senang hati.

Ketua Umum MUI berpesan bahwa di waktu yang singkat kerja Plt. Pimpinan Baznas ini, diharapkan agar ada langkah-langkah fundamental dan terobosan-terobosan besar yang dilakukan," ujar Syaiful.

Kedepannya hal itu agar dapat menjadi pondasi yang kuat bagi pimpinan Baznas definitif, sebagaimana yang diketahui saat ini masih dalam tahap rekrutmen calon pimpinan Baznas oleh panitia seleksi.

"Kami juga diminta agar kerja Baznas dalam pengumpulan dana yang sifatnya fundraising, pendistribusian dan pertanggungjawaban, dapat dilakukan dengan transparan dan akuntabel, karena pertanggungjawaban yang hakiki adalah kepada Allah SWT, dan meminta Baznas untuk membentuk semisal pengawas syariah untuk pengawasan kerja Baznas," katanya.

Dihadapan Ketua Umum MUI dan jajaran, pengurus juga menyampaikan kesiapan untuk melakukan hal tersebut.

Selain itu, disampaikan pula agar MUI dapat bertindak sebagai sosial kontrol dengan menyiapkan Auditor Independen atau Pengawas Syariah yang dibentuk MUI agar dapat mengaudit kerja kerja Baznas kota Siantar.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar tugas-tugas besar ini dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka kepada umat pada umumnya dan Muzakki pada khususnya," tutupnya.