HETANEWS.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah melepas keberangkatan 435 jemaah umrah perdana pasca pandemi Covid-19,  dari Sumut yang terbang langsung ke Tanah Suci, Mekah, Selasa (24/5). Pemberangkatan dilakukan langsung di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang. 

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Sumut juga melakukan pengecekan langsung di kabin pesawat Lion Air, yang akan membawa jemaah umrah perdana berangkat ke Baitullah. Dalam sambutannya, Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah menyampaikan rasa syukurnya, karena akhirnya jemaah umrah dari Sumut bisa kembali  berangkat langsung ke Tanah Suci, tanpa transit lagi di Bandara Soekarno Hatta.

"Saya bersyukur karena dari sejak sekian lama jemaah haji dan umrah kita tidak bisa berangkat,  akhirnya sudah bisa berangkat lagi. Karena kalaulah kita sudah bisa berangkat dari Kualanamu, berarti untuk perjalanan ibadah umrah jauh lebih cepat dari sebelumnya melalui Jakarta," ucapnya.

Ia berharap keberangkatan para jemaah umrah dimudahkan oleh Allah SWT. Serta diberikan kesehatan selama beribadah sampai nantinya kembali lagi ke Tanah Air. "Semoga doa-doa yang bapak/ibu panjatkan nantinya di Tanah Suci  diijabah oleh Allah SWT," sebutnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga berharap bahwa dalam keberangkatan haji beberapa waktu mendatang, Bandara Kualanamu bisa melayani jemaah Sumut dengan baik. Termasuk jemaah dari Aceh, Sumbar dan lainnya. 

"Sekali lagi terima kasih kepada Buk Novi dari Lion Air, travel Amira, Imigrasi, Beacukai, Angkasa Pura II dan lainnya. Semoga layanan untuk jemaah ini menjadikan suatu layanan yang baik. Semoga Allah melindungi kita semua. Diberikan kesehatan dan kemudahan rezeki dan dilapangkan segala urusan agar silaturahmi ini terus terjaga," harapnya.