SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Lampu penarangan di lokasi RTP Pantai Bebas depan Atsari Hotel Parapat mengalami kerusakan sejak dua hari yang lalu. Hal itu diketahui saat acara Gala Dinner atau jamuan makan malam yang digelar di lokasi, Senin (23/5/2022).

Teknisi dari PT Wika Gedung, Edi, mengakui adanya kerusakan listrik yang membuat fasilitas publik itu gelap gulita. Kata dia penyebabnya bersumber dari panel induk listrik terbakar.

Menurutnya ada kelalaian instalator saat melakukan pemasangan hingga terjadi trouble di panel. Meski sudah dilapor ke atasan hingga saat ini belum ada upaya perbaikan.

"Semua arus listrik di RTP Pantai Parapat tidak mengalir hingga saat ini karena Panel induk pembagi arus sudah terbakar (trouble) dua hari yang lalu. Sudah kita ajukan perbaikan ke pusat dan hingga saat ini masih menunggu," ungkap Edi ditemui di lokasi.

Sempat dilakukan pengecekan terhadap sumber kerusakan oleh panitia dan teknisi PT Wika Gedung. Dalam panel ditemukan beberapa MCB on off arus di panel induk hangus terbakar.

Adapun kotak panel induk terletak di ruangan yang diatasnya terdapat instalasi pipa air, yang berpotensi memicu kerusakan kelistrikan.

"Masih beruntung kebakaran panel itu tidak menimbulkan kebakaran dan arus pendek, bagaimana kian bila terjadi kebakaran, pasti bangunan di RTP ini hangus," ujar salah seorang warga M Sinaga yang melihat kondisi panel tersebut.

Panitia penyelenggara Gala Dinner menyayangkan kejadian itu. Sebagai gantinya, panitia memakai arus listrik dari Atsari Hotel agar acara tetap berlangsung.