HUMBAHAS, HETANEWS.com - Almarhumah Esteria Boru Purba (91) biasa dipanggil Op Golfrid, ternyata telah menginspirasi banyak orang.

Namanya dikenal bukan saja di Desa Purba Dolok kecamatan Dolok sanggul kabupaten Humbang Hasundutan, namun sampai ke kabupaten tetangga yakni Kabupaten Karo.

Hal itu dikarenakan Almarhumah kerap kali memberi semangat maupun bantuan moral kepada tetangganya dan keluarga.

Tak urung mendiang juga acap kali mendoakan orang-orang yang dalam kesusahan untuk selalu bersyukur kepada Tuhan, agar tetap tabah dalam menghadapi segala cobaan hidup serta menyemangati.

Namun, senyum ceria dan motivasi itu tak lagi terpancar dari wajah cantiknya, pada tanggal 6/5/2022, perempuan kelahiran 31 Desember 1931 itu  menghembuskan nafas terakhirnya di RS Amanda Berastagi.

Berita kematiannya menggugah hati disetiap orang yang mengenalnya, bahkan, petinggi Polres Humbang Hasundutan AKBP Achmad Muhaimin mengirimkan papan bunga mewakili rasa dukanya dan di ikuti oleh Kasat Reskrim Polres Humbang Hasundutan Iptu M Purba Tanjung yang satu marga dengannya, serta Kasat Lantas Polres Humbang Hasundutan AKP Dhanil Saragih.

Dengan kesepakatan keluarga agar Almarhumah disemayamkan di rumah duka di Desa Purba Dolok Kec Doloksanggul, mengingat rumah duka adalah rumah yang dibangunnya bersama Alm K Lumban Gaol yang terlebih dahulu menemui sang Khalik. 

Sesampainya jasad almarhumah di rumah duka di Desa Purba Dolok, seketika tangis pelayat pecah mengenang kepergian Almarhumah Op Golfrid Boru.

Salah seorang warga Kabupaten Karo yang tidak ingin disebutkan namanya, kepada awak media menuturkan bahwa, Op Golfrid adalah sosok yang baik dan selalu memberikan semangat bagi orang yang ditemuinya,

"Iya Pak, baik kali oppung (nenek) itu, walaupun dalam kondisi sakit oppung itu, namun kami tetap didoakan. Kami turut berdukacita atas kepergian oppung itu, semoga amal ibadahnya diterima Tuhan, Amin", tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh warga Desa Purba Dolok R br Simanullang (79), yang juga tetangga almarhumah, dirinya mengaggap Almarhumah sebagai panutan, yang selalu berbuat kasih kepada sesama tanpa memandang.

"Anggo Anggi ku on jolma naburju do, jala Par Tuhan do. Sude do dibantu on Nang pe so adong balosna tu imana (kalau adik saya ini orang baik, Taqwa kepada Tuhan, semua dibantunya dan tidak pernah mengharapkan imbalan-red)", jelasnya dengan nada terbata-bata.

Menurut keterangan keluarga besar Op Golfrid, ternyata Op Golfrid Boru Purba sudah memiliki keturunan sebanyak 142 orang, sudah termasuk cucu dan cicit.

Diantaranya, Keturunan Masnur br Lumban Gaol (Op Niko) anak perempuan pertama, memiliki keturunan sebanyak 4 orang, cucu 6 orang.

Anak Kedua, Rusli br Lumban Gaol (Op Rohit) memiliki keturunan sebanyak 5 orang dan cucu 15 orang, Anak ketiga Sariaman Lumban Gaol memiliki keturunan sebanyak 4 orang dan salah satu menantunya Albert Feber Gurning (penulis).

Selanjutnya anak keempat, R Lumban Gaol (Alm Op Martinus) dikaruniai 6 orang anak dan  cucu 12 orang. Anak kelima Elpine br Lumban Gaol (Op Joy) dikaruniai 4 orang anak dan 8 cucu, Anak keenam Duma br Lumban Gaol (Op Felicia) dianugerahi 5 orang anak dan 7 cucu.

Selanjutnya anak ketujuh, Rohani br Lumban Gaol (Op Noah) dianugerahi 4 anak dan 2 cucu. Anak kedelapan Ganda Lumban Gaol (Op Thania) dikaruniai 6 anak dan cucu 2 orang, dan yang anak paling bungsu, Manat Lumban Gaol (Pak Andre) dikaruniai Tuhan anak 4 orang.

Sariaman Lumban Gaol (65) anak laki-laki pertama Op Golfrid  menghaturkan terima kasih banyak kepada masyarakat maupun tetua adat yang telah membantu terlaksananya acara adat pengebumian Op Golfrid Boru dengan sukses tanpa ada kendala sedikitpun.

"Terimakasih kepada seluruh Masyarakat yang turut berpartisipasi dalam rangkaian proses acara adat orang tua kami, dan juga kepada Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin dan jajarannya yang turut berbelasungkawa, Doa kami keluarga besar Op Golfrid, Tuhan lah yang membalas semua kebaikan saudara/i kami semua", ujarnya tegar, Sabtu (21/5/2022)