JAKARTA, HETANEWS.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro mengatakan, hingga saat ini organisasi kesehatan dunia atau WHO belum mencabut status pandemi Covid-19. Sebab, masih banyak negara yang mengalami lonjakan kasus Covid-19.

"Status pandemi memang belum dicabut oleh WHO karena masih banyak negara lain yang mengalami lonjakan kasus Covid-19," ujar Reisa dalam keterangan pers di Istana Negara pada Jumat (20/5/2022).

Dia menyebutkan, salah satu negara yang menyita perhatian karena mengalami lonjakan kasus Covid-19 adalah Korea Utara. Di negara tersebut, jumlah kasus konfirmasi positif harian mencapai lebih dari 230.000 per hari.

Lonjakan ini terjadi setelah lebih dari dua tahun pandemi Covid-19 terjadi di dunia. Kondisi ini terjadi selama sepekan terakhir dan menyebabkan Korea Utara menempati peringkat pertama penambahan kasus positif Covid-19 terbanyak di dunia.

"Disusul Amerika Serikat yang rata-rata penambahan kasus hariannya di atas 100.000. Kita harus tetap waspada, dan jangan sampai negara kita mengalami lonjakan kasus yang demikian," kata Reisa.

"Oleh karenanya, pemerintah dengan sangat hati-hati sudah mempersiapkan transisi secara bertahap peralihan dari kondisi pandemi ke endemi," ucap dia.

Sumber: kompas.com