UEA, HETANEWS.com - Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed (MBZ) Al Nahyan melakukan salat jenazah untuk mendiang sang kakak yang juga Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan. Salat jenazah digelar di Masjid Sheikh Sultan bin Zayed di Abu Dhabi.

Berita Negara UEA, WAM, salat jenazah juga turut dihadiri oleh keluarga dari Sheikh Khalifa.

Putra Mahkota Abu Dhabi, MBZ, Turut Gotong dan Makamkan Jenazah Sheikh Khalifa (1)

Dalam foto yang dirilis Kementerian Kepresidenan, MBZ turut mengangkat atau menggotong jenazah Sheikh Khalifa yang juga merupakan kakaknya menuju peristirahatan terakhir di Pemakaman Al Bateen di Abu Dhabi. MBZ juga terlihat ikut prosesi pemakaman dengan menutup kuburan Sheikh Khalifa dengan tanah.

Putra Mahkota Abu Dhabi, MBZ, Turut Gotong dan Makamkan Jenazah Sheikh Khalifa (2)

Putra Mahkota Abu Dhabi, MBZ, Turut Gotong dan Makamkan Jenazah Sheikh Khalifa (3)

Putra Mahkota Abu Dhabi, MBZ, Turut Gotong dan Makamkan Jenazah Sheikh Khalifa (4)

Putra Mahkota Abu Dhabi, MBZ, Turut Gotong dan Makamkan Jenazah Sheikh Khalifa (5)

Mendiang Sheikh Khalifa mulai menjabat sebagai Presiden UAE pada 2004. Satu dekade kemudian, pada 2014, Khalifa mengalami serangan stroke dan memutuskan untuk mundur dari sebagian besar urusan pemerintahan UEA.

Sejak saat itu, jabatan pemimpin de facto dipegang oleh saudara Khalifa Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed yang akrab dikenal sebagai Pangeran MBZ.

"UEA telah kehilangan putra dan pemimpinnya yang saleh dari 'fase pemberdayaan' dan penjaga perjalanannya yang diberkati," tulis MBZ dalam pernyataan yang dirilis usai wafatnya Khalifa.

Selepas wafatnya Sheikh Khalifa, sesuai konstitusi UEA, kursi kepresidenan untuk sementara waktu akan dipegang oleh Wakil Presiden dan Perdana Menteri Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum.

Setelah itu, Dewan Tertinggi Federal akan bertemu dalam waktu 30 hari untuk memilih presiden pengganti Sheikh Khalifa. Para diplomat dan analis memprediksi MBZ akan menjadi sosok pengganti Sheikh Khalifa.