HETANEWS.com - Satu unit rumah berlantai 2 di Desa Adiankoting Tonga Tonga Kecamatan Adiankoting Kabupaten Tapanuli Utara terbakar pada Jumat 13 Mei 2022. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian materil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kasi Humas Polres Taput Aiptu W. Baringbing mengatakan, Tim inafis sudah melakukan olah TKP untuk kepentingan penyelidikan agar mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut.

Dari keterangan saksi saksi yang dihimpun, diduga penyebab kebakaran saat anak pemilik rumah bermain api dengan membakar kertas di atas tilam di lantai 2 rumah tersebut. 

Ia menjelaskan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 14.30 wib. Diketahui rumah tersebut milik Mangalatua Sipahutar (65). 

Anak Mangalatua YS (5) memanggil Ayahnya setelah api melahap tempat tidur.

“Mendengar panggilan anaknya, korban yang saat itu sedang duduk di teras lantai satu langsung naik ke lantai 2. Saat tiba di lantai 2, korban melihat api sudah membesar dan berusaha menyiram dengan air,” kata Barimbing dalam keterangannya, Sabtu (14/5/2022).

Warga di lokasi datang untuk membantu dan menarik pemilik rumah dan anaknya dari lantai dua untuk menyelamatkan diri.

Warga juga berusaha memadamkan api dengan menyiramkan air, namun api semakin membesar dimana lantai dua  rumah tersebut terbuat dari kayu. 

Agar tidak seluruh isi rumah korban habis terbakar, warga berusaha mengeluarkan barang-barang korban dari lantai satu agar tidak ikut terbakar.

Sekitar 1 Jam kemudian petugas Damkar tiba di lokasi dan mematikan titik api.