BATU BARA, HETANEWS.com - Kaur Bin Ops Satbinmas Polres Batu Bara IPTU AR.Siregar dan Kanit Bintibsos Satbinmas AIPTU Rahyudi bertugas melaksanakan Bimbingan Penyuluhan kepada peternak Lembu/Sapi guna antisipasi mencegah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Petugas melakukan pengecekan di kandang ternak lembu milik Pak Marno warga Dusun 1 Desa Empat Negri Kec. Datuk Lima Puluh Kab.Batu Bara, Jumat pagi (13/5/2022)

Kasat Binmas Polres Batu Bara AKP Agus Ita Lestari Br Ginting, S.I.K , MSi berkata  adapun Bimbingan Penyuluhan ini berdasarkan Surat Telegram dari Kapolri nomor STR/395/V/OPS.11/2022 tertanggal 11 Mei 2022 tentang penanggulangan PMK dan surat Telegram Kapolda Sumut no STR/270/V/OPS.11/2022 tertanggal 12 Mei 2022.

Lanjutnya, pihaknya terus melaksanakan Bimbingan dan Penyuluhan terkait Antisipasi dengan wabah penyakit PMK pada ternak Lembu di wilkumnya.

Sementara , IPTU AR.Siregar menyatakan gelar Bimbingan Penyuluhan ini adalah Antisipasi guna memastikan kondisi lembu baik dan tercegah dari Wabah penyakit mulut dan kuku ( PMK).

Di tambahkannya bahwa kami selaku Petugas Binluh juga menghimbau agar para peternak tidak panik, mengingat wabah PMK ini tidak dapat menular pada manusia hanya kepada hewan ternak saja.

Serta, menghimbau agar peternak dapat memeriksakan berkala kondisi lembuh dan melaporkan segera kepada penyuluh peternakan apabila mendapati ciri-ciri wabah PMK .

Dari hasil pengamatan, kegiatan Binluh ini berjalan dengan baik dan belum ditemukan kasus wabah penyakit mulut dan kuku ( PMK) pada ternak Lembu di Desa Empat Negeri Kec. Datuk Lima Puluh Kab. Batu Bara, tutup IPTU AR.Siregar.