BALIGE, HETANEWS.com - Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan secara resmi membuka Road to Toba Fashion Week 2022 di Hutanta Cafe Resto Balige, Kabupaten Toba, yang diselenggarakan secara hybrid, Selasa (10/5/2022).

Fashion week termasuk sebagai salah satu dari 17 event pariwisata yang dilaunching dalam Calendar of Events Pariwisata Danau Toba Tahun di tahun 2022.

'Toba Fashion Week' 2022 dirancang untuk menjadi kegiatan yang merupakan kebanggaan bersama masyarakat di kawasan Danau Toba. 

Kehadirannya direncanakan setiap tahun dan diproyeksikan dapat menjadi salah satu ikon tujuan wisata, dengan harapan akan menambah kunjungan wisatawan sehingga mampu meningkatkan pengeluaran dan lama tinggal wisatawan.

Event juga dirancang sebagai kiblat 'high fashion' atau busana kekinian di kawasan Danau Toba. Diinisiasi oleh Perkumpulan Hutanta Cerdas Cermat, event yang telah dimulai sejak tahun 2021.

Kegiatan ini terdiri dari rangkaian aktivitas yang dikerjakan bersama dengan berbagai komunitas muda di bidang ekonomi kreatif sebagai bentuk kolaborasi yang saling melengkapi, juga berafiliasi dengan pemerintah daerah di 8 kabupaten di kawasan Danau Toba.

Baca juga: Pemko Upayakan Percepatan Vaksin Dengan Pemberian Sembako

'Toba Fashion Week 2022' juga akan mengundang para desainer ternama di level lokal dan nasional, prioritas tentunya bagi para desainer berdarah Batak, untuk berkolaborasi menampilkan produk-produk 'ready to wear' di rangkaian ‘Road to Toba Fashion Week 2022’ maupun di acara puncak nantinya. 

Kolaborasi juga akan dilakukan untuk memperluas 'awareness' terhadap event ini dengan mengundang secara khusus model, fotografer, dan influencer nasional.

Jimmy Panjaitan mengatakan ada dua hal dapat disampaikan terkait penyelenggaraan event ini, yang pertama mampu menggali dan memanfaatkan semua kearifan lokal di kawasan Danau Toba, seperti seni, budaya, alam dan potensi lainnya.

Event ini dapat membuka ruang bagi semua pihak yang terlibat aktif dalam atraksi dan produksi khususnya fesyen dan tentunya dapat berkolaborasi secara pentahelix bersama para akademisi, industri wisata, pemerintah, komunitas, dan juga media. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui BPODT siap untuk berkolaborasi

Baca juga: Sidak Hari Pertama Masuk Kerja, Susanti: Bukan Mencari Kesalahan

Hal kedua, dengan event ini juga dapat menjadi ajang unjuk bakat dan wadah interaksi, berbagi ilmu dan pengalaman bagi para desainer fesyen, model, fotografer, dan influencer baik lokal maupun nasional.

 Event ini harus memiliki target menghasilkan transaksi ekonomi produk ekonomi kreatif Danau Toba, khususnya bidang fesyen, kriya, kuliner dan juga seni pertunjukan melalui marketplace, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Danau Toba demi memenuhi tujuan pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. 

BPODT akan memfasilitasi koordinasi dengan satuan kerja terkait di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif maupun Kementerian/Lembaga terkait.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan mampu memberikan dampak nyata demi kemajuan pariwisata di Kawasan Danau Toba dengan meningkatkan kualitas perjalanan dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba,” kata Jimmy dalam sambutannya.

Melalui hybrid, Bupati Samosir Vandiko Gultom siap mendukung ‘Toba Fashion Week 2022’ dan Samosir siap menyambut kehadiran Tim dari Hutanta Cerdas Cermat. 

Untuk kedepannya bisa bermanfaat buat kita semua. Dan juga dapat memperkenalkan destinasi yang ada di Kawasan Danau Toba terkhususnya di Samosir, karena di Samosir ada Desa Hutatinggi yang mendapatkan penghargaan Desa Wisata.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan di Kaldera Toba Meningkat Selama Libur Lebaran

Trisna Pardede selalu Ketua Hutanta Cerdas Cermat mengatakan, 'Toba Fashion Week 2022' ini diadakan oleh Perkumpulan Hutanta Cerdas Cermat yang diisi anak muda yang bergerak dibidang Ekonomi Kreatif. 

Dengan kegiatan ini juga dapat memperkenalkan potensi-potensi yang ada di Kawasan Danau Toba.

Ada pun yang hadir dalam kegiatan ini melalui online hadir Ketua Dekranasda Kabupaten Tapanuli Utara - Satika Simamora, Ketua Dekranasda Kabupaten Toba - Rita Marlina Sitinjak, pihak perwakilan Bank Indonesia – Jonataruli,

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar – Muchlis Nasution dan para stakeholder lainnya yang berada di delapan (8) Kawasan Danau Toba. Yang hadir melalui offline Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba - Rusti Hutapea dan Edward Tigor Siahaan-Pemilik Piltik Kafe.

Baca juga: Dukung kebangkitan UMKM, Tokoh Masyarakat Sumut Apresiasi Bazar The Onan of Toba Caldera