HETANEWS.com - Selama libur lebaran 2022 kunjungan wisatawan ke kawasan Danau Toba menunjukkan peningkatan. Salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi adalah Toba Caldera Resort (TCR) Sibisa, Kabupaten Toba.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan libur lebaran tahun 2022 menjadi momentum kebangkitan Ekonomi khususnya di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tak terkecuali pada sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Danau Toba, setelah terpuruk selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

"Momentum kebangkitan pariwisata di Danau Toba terbukti dengan jumlah pemudik yang berkunjung ke kawasan Danau Toba." Kata Sandi dilansir dari website kemenparekraf.

Di kawasan Danau Toba, Jumlah kendaraan meningkat tajam dalam waktu seminggu terakhir. Hotel-hotel besar, penginapan bahkan homestay yang berada di sekitar Danau Toba pun penuh selama libur Lebaran ini.

Salah satunya The Kaldera Toba Nomadic Escape, lokasi yang pernah dikunjungi Presiden RI, Jokowi beserta Ibu Iriana Jokowi.

Lokasi tersebut kini ramai dikunjungi. Disampaikan Komblik BPOT Mangatur Simanjuntak, data selama sepekan mulai 2- 8 Mei 2022, jumlah pengunjung mencapai 29.088 orang.

"Seluruh Pengunjung dari domestik yang berwisata bersama anak dan keluarganya," imbuhnya.

Sebagian besar pengunjung di Kawasan Danau Toba masih berasal dari Provinsi Sumatera Utara (Medan, Tebing Tinggi, Asahan, Pematang Siantar, Labuhan Batu). 

Adapun pengunjung yang berasal dari luar Provinsi Sumatera Utara, yaitu: Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat dan juga DKI Jakarta.

Sebagai pengelola The Kaldera Toba Nomadic Escape, Jimmy Bernando Panjaitan selaku Dirut BPODT menyambut baik antusiasme pengunjung yang datang. 

Ia antusias dengan naiknya jumlah pengunjung yang datang ke destinasi yang berada di wilayah Toba Caldera Resort (TCR).

Dijelaskannya, pada hari biasa jumlah pengunjung hanya sekitar 250 orang.

“Kedepannya kami akan terus melakukan peningkatan kualitas layanan sehingga semakin siap menerima jumlah pengunjung yang terus meningkat, salah satunya dengan memperbanyak atraksi” ujar Jimmy.

 Pihak BPODT selalu berupaya memberikan layanan yang terbaik kepada pengunjung agar bisa nyaman menikmati wisata di lokasi ini. 

Disamping itu, pihaknya menghimbau kepada para pengunjung untuk tetap dengan mengikuti protokol kesehatan.