MEDAN, HETANEWS.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau lokasi yang menghanguskan puluhan rumah di Jalan Wahidin, Kecamatan Medan Area. Menantu Presiden Jokowi itu akan mencarikan tempat tinggal sementara untuk para korban kebakaran.

Berdasarkan data yang diterimanya ada 40 rumah yang terbakar dan 154 warga kehilangan tempat tinggal. Bobby mengatakan akan mencarikan tempat tinggal sementara untuk tempat tinggal korban.

"Tempat tinggalnya disiapkan. Fasilitasnya seperti selimut, sleeping bag, bad cover, hingga makanan untuk yang merayakan lebaran itu akan segera kami sediakan," kata Bobby di lokasi, Minggu (1/5/2022).

Bobby mengatakan ada 154 orang yang menjadi korban. Ada korban yang saat ini sudah mengungsi ke rumah saudara.

"Kurang lebih 154 warga jadi korban musibah ini. Sebagian sudah mengungsi ke rumah saudara. Dan sembilan di antara korban ada yang akan merayakan lebaran besok," kata Bobby.

Selain mencarikan tempat tinggal sementara, Bobby juga memperhatikan fasilitas untuk para korban. Dalam peristiwa itu diakuinya tidak ada korban jiwa.

"Tapi yang luka-luka ringan harus segera diobati," lanjutnya.

Bobby mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan jalur untuk keadaan darurat di setiap pemukiman. Sebab diketahui petugas pemadam sulit masuk ke akses lokasi kejadian akibat kondisi sempit.

"Kita imbau terus, itu selalu saya sampaikan agar warga segera melaporkan jika pemukiman tak ada fasilitas darurat. Kepada BPBD saya juga sudah minta agar disosialisasikan, apalagi ini dekat dengan rel kereta api," pungkas suami Kahiyang Ayu itu.

Sebelumnya puluhan rumah yang berada di Jalan Wahidin, Medan, terbakar dini hari tadi. Belum diketahui penyebab kebakaran ini.

"Objek terbakar dari data sementara lebih kurang 40 unit rumah," kata Kepala BPBD Kota Medan M. Husni, Minggu (1/5/2022).

Husni mengatakan pihaknya masih terus melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah pasti rumah yang terbakar. Selain itu, BPBD juga mendirikan tenta untuk pengungsi yang rumahnya terbakar.

"Saat ini upaya TRC BPBD Kota Medan sedang melakukan pendataan di lokasi kejadian, pendirian tenda pengungsi serta memfasilitasi peralatan tenda dan dapur umum lapangan," tuturnya.

Kebakaran ini disebut terjadi sejak pukul 02.40 WIB. Api kemudian dapat dipadamkan pada pukul 06.10 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sementara untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

"Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak berwajib," jelasnya.

Sumber: detik.com