HETANEWS.com - Ruang terbuka publik (RTP) Pantai Bebas di kawasan Danau Toba Parapat resmi dikelola oleh Pemkab Simalungun. Bangunan dan fasilitas yang diresmikan Presiden Jokowi itu hanya dikelola bukan sebagai aset.

Serah terima pengelolaan dilakukan melalui penandatanganan surat oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara, Syafriel Tansier di Parapat, Selasa 26 April 2022.

Radiapoh mengatakan, penandatanganan surat sebagai serah terima pengelolaan saja bukan serah terima aset. Dalam hal ini Pemkab Simalungun akan diberi mandat dalam pengelolaan Pantai Bebas Parapat.

Ia mengatakan, fasilitas RTP dapat dinikmati secara bersama sama dan kebersihan tempat itu tetap dijaga dengan baik.

“Pemerintah Simalungun akan menurunkan timnya untuk menjaga ini, sebelum nantinya setelah lebaran serah terima itu diberikan kepada Pemkab Simalungun,”kata Radiapoh dalam keterangan Diskominfo Simalungun, dikutip Sabtu (30/4/2022).

Menurut Bupati, jika fasilitas tersebut terawat dan terjaga dengan baik, akan banyak multiplayer efeknya bagi pariwisata di Parapat. Radiapoh Sinaga juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas jual beli di lokasi RTP.