HETANEWS.com - Bupati Simalungun dan Plt Walikota Siantar mengikuti rapat koordinasi rekayasa lalu lintas jelang Idul Fitri 1443 H di ruang data Balaikota Siantar, Kamis (28/4/2022).

Turut hadir mewakili Polres Siantar- Simalungun, Dinas Perhubungan dan Dandim 0207/Simalungun.

Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga mengatakan, pihaknya sebelumnya telah meninjau titik-titik jalan longsor sepanjang jalan penghubung Siantar-Parapat menuju Kota Siantar.

Menurutnya perlu pengalihan arus lalu lintas khususnya di lokasi Simpang Dua, Jalan Parapat Kota Siantar. 

“Karena di lokasi tersebut sering terjadi kemacetan di saat hari-hari besar tiba,”kata Radiapoh dalam keterangan Diskominfo Siantar..

Selain lokasi Simpang Dua, titik rawan kemacetan lain diantaranya jalan penghubung Siantar – Medan di Si Gagak, yang kerap macet karena pengendara mengisi bahan bakar di SPBU.

“Ini harus kita atur, baik dari arah Medan menuju Siantar maupun dari arah Siantar menuju Medan. Kendaraan menuju Medan yang bisa mengisi BBM di Si Gagak dan kendaraan menuju Siantar diarahkan mengisi BBM di SPBU depan RS.Horas Insani,” ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan Kota Siantar merupakan tumpahan kemacetan arus lalu lintas dari berbagai wilayah.

“Diperkirakan arus mudik tahun 2022 ini melonjak drastis, karena sudah dua tahun tidak melakukan mudik lebaran, dan bukan hanya umat muslim yang liburan akan tetapi non muslim juga liburan dan mudik,” ucapnya menambahkan.

Plt Walikota Siantar dr Susanti Dewayani berharap adanya  kerjasama yang baik antara pemerintahan Siantar-Simalungun dalam menghadapi mudik Idul Fitri 1433 H mendatang.

Ia juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk tidak melakukan parkir kendaraannya di Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka tidak parkir double, terutama parker di Pajak Horas. 

“Hal ini sering memicu kemacetan karena memarkirkan kendaraanya sampai memakan badan jalan. Kita akan mengaktifkan kembali terminal antar desa,”kata Susanti.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Simalungun meminta kedua pemerintah harus menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik terkait penanganan arus lalin.

Sebelumnya Plt. Kadis Perhubungan Kota Siantar  Kartini Batu Bara memaparkan upaya-upaya yang dilakukan dalam mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat lebaran Idul Fitri.

Pihaknya memprediksi volume kendaraan meningkat di Lokasi Simpang Dua, Simpang Empat di depan Hotel Sapadia dan Jalan Sutomo depan toko roti Ganda

Baca juga: H-5 Menjelang Idul Fitri, Sat Lantas Polres Siantar Dirikan 4 Pospam, Ini Imbauan Kasat Lantas