HETANEWS.com - Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) mengapresiasi program ID survey peringati Hari Bumi yang melaksanakan penanaman pohon produktif di kawasan Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba, Jumat (22/4/2022)

Penanaman pohon dilaksanakan oleh 3 anak perusahaan holding ID Survey yaitu BKI (Biro klasifikasi Indonesia), Sucofindo, Surveyor Indonesia.

Dirut BPODT melalui Direktur Destinasi Pariwisata BPODT Fritz P Nababan yang ikut dalam kegiatan mengapresiasi dan menyambut baik penanaman pohon yang dilakukan oleh 3 anak perusahaan ID Survey.

"Kegiatan penanaman pohon ini merupakan wujud kerjasama dan kolaborasi semua stakeholder dalam mendukung pariwisata yang berkelanjutan untuk menjaga kelestarian alam di kawasan Danau Toba," Ujar Fritz Nababan.

Fritz menjelaskan bahwa Pariwisata Danau Toba identik dengan air, sehingga penanaman pohon yang di inisiasi oleh ID Survey menunjukkan sebagai bukti mereka dalam mendukung pariwisata berkesinambungan dan menjaga konservasi alam di kawasan Danau Toba.

Kepala Cabang BKI Belawan Adi Kurniawan mengatakan dalam rangka memperingati hari bumi ID Survey dengan 3 anak perusahaan Holdingnya melakukan penanaman 26.000 pohon serentak di seluruh Indonesia dan salah satu lokasi yang dipilih adalah kawasan Danau Toba, Desa Sigapiton  dan diserahkan sebanyal 300 pohon dengan berbagai jenis pohon produktif.

"Penanaman pohon ini merupakan aksi peduli lingkungan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan, menumbuhkan kecintaan terhadap alam dan menjaga kelestarian lingkungan hidup," ujar Adi dalam sambutannya.

Adi menjelaskan bahwa sistem pendistribusian 300 pohon di Desa Sigapiton diserahkan langsung kepada Kepala Desa untuk dibagi ke masyarakat, sedangkan Kepala Dinas Lingkungan hidup yang hadir mewakili Bupati Toba berjanji akan melakukan pendampingan dan pengecekan terhadap bibit pohon yang telah ditanam hingga masyarakat Sigapiton dapat merasakan manfaatnya.

Hal senada disampaikan Anderson Situmeang Kadiv Komunikasi Publik BPODT berharap dengan adanya aksi tanam pohon ini maka masyarakat di Desa Sigapiton dan di kawasan Danau Toba umumnya dapat. Sadar dan ambil bagian dalam mengurangi dampak lingkungan demi melestarikan alam dan lingkungan hidup.