JAKARTA, HETANEWS.com - Advokat kondang Hotman Paris Hutapea resmi keluar dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) pimpinan Otto Hasibuan.

Tak butuh lama, Hotman Paris Hutapea langsung memutuskan untuk berlabuh ke organisasi advokat terbarunya yakni Dewan Pengacara Nasional Indonesia.

Alasan Hotman Paris Hutapea keluar dari Peradi di antaranya tak setuju atas kepemimpinan tiga periode Ketua Umum yang dijabat Otto Hasibuan.

Ia mengatakan jika kepemimpinan Otto Hasibuan tidak sah karena melanggar AD/ART organisasi advokat itu. Selain itu, rupanya Hotman Paris diberi sanksi skors oleh Peradi.

Pengacara asal Samosir ini membenarkan bahwa dia mendapat surat skors selama tiga bulan dari Peradi. Karena sanksi ini ia memutuskan keluar dari Peradi dan kini pindah ke Dewan Pengacara Nasional (DPN) Indonesia.

“Saya tidak pernah tahu bakal ada putusan dari Dewan Kehormatan Peradi yang menskors saya. Saya tidak pernah tahu,” ujar Hotman di kantor Dewan Pengacara Nasional di Jakarta, Selasa (19/2/2022).

Hotman mengaku kesal pada Otto sejak dua bulan terakhir. Kekesalan itu karena Otto diduga kerap menyindir keras Hotman perihal gaya hidupnya. Sehingga, ia memutuskan untuk keluar dari Peradi.

“Tapi saya sejak dua bulan lalu sudah marah gara-gara Otto ceramah. Terutama waktu pelantikan advokat yang selalu menyebutkan bahwa advokat jangan mengharapkan harta. Itu dari dulu saya marah,” kata Hotman.

Hotman menuturkan, satu hal yang paling membuatnya kesal adalah ketika pelantikan Dewan Kehormatan Advokat. Dalam pidatonya, Otto meminta Dewan Kehormatan untuk memeriksa pengacara yang pamer harta kekayaan.

Menurut Hotman, hal yang dilakukan Otto sudah sangat keterlaluan. Itu karena Otto kerap menyinggung kehidupan pribadi Hotman ke publik.

“Di situlah saya marah. Itu sudah kelewatan karena dia kerap menyindir kehidupan pribadi saya,” jelas Hotman.

Meski begitu, Hotman tak mau ambil pusing soal sanksi skors ini. Menurutnya, tak ada kaitannya ia keluar dari Peradi dengan skornya saat ini.

“Tidak ada kaitannya. Lagi pula saya baru dengar keputusannya baru tadi. Lagian cuma tiga bulan kok. Artinya Dewan Kehormatan tidak murni memutuskan dari hati. Artinya itu perintah dari atas, Dewan Kehormatan itu kan anak buahnya Otto,” kata Hotman.

Sumber: tribunnews.com