HETANEWS.com - Pemerintah terus menggenjot vaksinasi booster di seluruh wilayah RI. Hal ini dilakukan guna mencegah penularan COVID-19 saat mudik lebaran 2022 yang tinggal menghitung hari.

Selama sepekan terakhir, kasus positif COVID-19 secara umum terpantau terus turun di bawah 1.000 kasus per hari. Meski demikian, masyarakat harus tetap waspada dengan disiplin protokol kesehatan.

Pasalnya, saat ini global sudah menemukan mutasi COVID-19, yakni sub varian XE, XD, dan XF. Kemenkes menyebut sub varian XE dinilai lebih cepat menular dibandingkan sub varian BA.2. Namun belum ada cukup bukti epidemiologis untuk melihat perubahannya di masyarakat.

“Hingga saat ini baik sub varian XE, XD, maupun XF ini belum ditemukan di Indonesia,” ujar Jubir Vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi, Minggu (17/4).

Lantas, bagaimana perkembangan corona selama sepekan? Simak rangkuman datanya berikut ini.

Kasus Positif Harian

Kasus harian COVID-19 selama seminggu terakhir menunjukkan perkembangan yang baik. Meskipun angka per hari cukup fluktuatif, namun grafiknya cenderung menurun. Pada Sabtu dan Minggu (17/4), kasus positif mencapai 602 dan 607 kasus. Ini merupakan yang terendah sejak Januari 2022.

Kasus Kematian Harian

Jumlah kematian harian akibat COVID-19 sepekan ini cenderung fluktuatif, namun konsisten di bawah 50 kasus per hari. Kasus terendah terjadi pada Minggu (17/4), yakni 22 kematian. Sebelumnya, Indonesia mencapai kisaran angka tersebut pada Februari 2022.

Pertumbuhan Tes COVID-19 Harian

Jumlah orang yang dites COVID-19 harian terus menurun, tak jauh berbeda dari pekan sebelumnya. Dalam seminggu terakhir, jumlah tes hanya berkisar di bawah 100 ribu orang se-RI. Tes sempat mencapai 105 ribu, namun hanya pada Selasa (12/4).

Positivity Rate

Angka positivity rate harian juga menunjukkan tren positif. Meskipun sempat naik turun, namun angkanya tak jauh dari 1 persen. Bahkan, pekan ini positivity rate mampu mencapai 0,85 persen pada Kamis (14/4), terendah sejak Januari 2022. Angka tersebut termasuk dalam batas aman WHO, yakni di bawah 5 persen.

Capaian Vaksinasi COVID-19

Sepekan terakhir, pemerintah cenderung fokus pada vaksinasi booster. Hal ini terlihat dari garis merah yang terus naik pada grafik di atas Pemberian dosis vaksinasi ketiga itu diberikan paling banyak kepada 813.215 orang pada Kamis (14/4), melampaui suntikan vaksinasi dosis 1 dan 2.

Sumber: kumparan.com