HETANEWS.com - Lembaga Survei Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbarunya yang dilakukan di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terkait dengan elektabilitas tokoh sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024. Hasilnya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo unggul telak dari kandidat lainnya.

"Untuk elektabilitas calon presiden, nama Ganjar Pranowo unggul jauh dari nama-nama lainnya, perolehan angka yang cukup tinggi dengan 70 persen," tulis Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya dalam paparan surveinya yang diterima awak media, Kamis (14/4/2022).

Setelah nama Ganjar, ada Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan angka 9 persen, kemudian ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 7,1 persen.

"Prabowo Subianto 9 persen, Anies R Baswedan 7,1 persen masih berada di bawah 10 persen," sambungnya.

Kemudian selain tiga nama tersebut, ada Sandiaga Uno dengan angka 3 persen, lalu Puan Maharani 1,8 persen. Pun disusul Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka 1,5 persen, lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan angka 1,3 persen.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meraih 0,8 persen, lalu Erick Thohir dengan 0,4 persen dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan angka yang sama dengan Erick.

"Sementara sebanyak 4,8 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab," tuturnya.

Survei yang dilakukan Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Provinsi Jawa Tengah dilakukan pada periode 14-19 Februari 2022. Survei dilakukan dengan menggunakan multistage random sampling jumlah sampel di Provinsi Jawa Tengah sebesar 1.090 Responden.

Pengambilan sampel dilakukan dengan melalui wawancara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat, dan margin of error +/- 2.97.

Sumber: suara.com