HETANEWS.com - Polisi terus berupaya mengungkap jaringan teroris Negara Islam Indonesia atau NII. Provinsi Sumatera Barat memiliki anggota NII terbesar di Indonesia dengan jumlah mencapai 1.125 orang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan anggota NII di Sumbar terbilang berpotensi besar memberikan ancaman.

"Di Indonesia ini jaringan NII ada di Jakarta, Jawa Barat, Bali, Maluku, dan Sumatera Barat," kata Ramadhan dalam keterangan pers yang dikutip melalui Youtube Divisi Humas Polri, Selasa 12 April 2022.

Ia menyebutkan terungkapnya daerah-daerah berkembangnya NII itu, hasil dari keterangan tersangka anggota NII yang pernah ditangkap. Dari keterangan tersangka, jaringan NII terbesar ada di Sumbar dengan anggota mencapai 1.125 orang. Jumlah itu tidak semuanya aktif.

"Jadi dari 1.125 orang itu 400 orang di antaranya merupakan personal aktif dan selebihnya non aktif, mereka bahkan sudah dibaiat," ujarnya.

Adapun sebaran NII di Sumbar menurut Mabes Polri itu berada di Kabupaten Dharmasraya sebanyak 833 orang dan 292 orang di Kabupaten Tanah Datar.

Sumber: kumparan.com