JAKARTA, HETANEWS.com - Para peneliti di Jepang berhasil menciptakan robot yang dapat melakukan tugas-tugas rumit. Salah satunya seperti mengupas pisang tanpa tersisa satu kulit pun.

Sebuah video baru-baru ini dari peneliti di Intelligent Systems and Informatics Laboratory di University of Tokyo menunjukkan sebuah robot yang memiliki dua lengan besar berisi kawat, sedang mencoba mengupas satu pisang berukuran sedang, yang hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit.

Meskipun keterampilan ini mungkin mudah bagi manusia, tetapi mengupas pisang adalah proses pembedahan dengan beberapa langkah bagi robot.

Sebagian besar robot sejatinya tidak dilengkapi untuk menangani hal rumit ini, dan secara umum, robot jauh lebih baik dalam membantu tugas skala besar yang hanya melibatkan satu langkah dan berulang. Inilah sebabnya mengapa robot asal Jepang baru itu sebagai pelopor teknologi AI canggih.

Peneliti Heecheol Kim, Yoshiyuki Ohmura, dan Yasuo Kuniyoshi melatih robot menggunakan proses pembelajaran imitasi mendalam di mana mereka mendemonstrasikan tindakan mengupas pisang ratusan kali untuk menghasilkan data yang cukup bagi robot mempelajari tindakan dan menirunya.

AI dapat belajar memodelkan perilaku manusia nyata hanya dengan mengamati manusia dalam kehidupan nyata. Dalam hal ini, robot dapat mengupas pisang setelah lebih dari 13 jam pelatihan dengan tingkat keberhasilan 57 persen.

Melansir Reuters, Kamis, 7 April, saat masih menjalani lebih banyak pengujian, Kuniyoshi yakin metode pelatihan robotnya dapat mengajarkan robot untuk melakukan berbagai tugas manusia sederhana.

Dia berharap robot yang lebih terlatih dapat mengatasi masalah kekurangan tenaga kerja di Jepang ke depannya, misalnya di pabrik pengolahan makanan yang sangat bergantung pada tenaga manusia.

Sumber: voi.id