HETANEWS.com - Pertemuan Plt Walikota Siantar dr Susanti Dewayani bersama Presiden Joko Widodo di Bali dalam kegiatan Business Matching Pengadaan Produk Dalam Negeri (PDN) dan UMKM tahun 2022, membawa angin segar bagi pelaku UMKM.

Ditambah lagi pertemuan Erizal Ginting selaku Ketua Dekranasda Kota Siantar dengan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta, dalam kegiatan Pameran Dekranasda berskala Nasional bertajuk Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) Tahun 2022.

Artinya momentum ini menjadi peluang untuk memajukan para pelaku ekonomi kreatif di Siantar hingga terbukanya lapangan pekerjaan yang baru.

Sebagaimana diketahui Menparekraf Sandiaga Uno menggagas Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekrafs) yang fokus dalam pengembangan ekonomi UMKM.

Hal ini tentunya disambut baik oleh Pemerintah kota Siantar dengan dinas terkait, sebagai tulang punggung mendorong tumbuh kembangnya pelaku ekonomi kreatif.

Kehadiran Gekarfs yang dibina langsung oleh Kemenparekraf sedikitnya membidangi 17 sub sektor yakni pengembang permainan, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, desain produk, fesyen.

Kemudian kuliner, film, animasi dan video, fotografi, desain komunikasi visual, televisi dan radio, kriya, periklanan, seni pertunjukan, penerbitan dan aplikasi.

Melihat peluang ini, sangat memungkinkan bagi tumbuh kembangnya skill dan kreativitas sumber daya manusia di Siantar hingga terbukanya lapangan pekerjaan.

Baca juga: Jokowi Kunjungi Stand Pemko Siantar, Erizal Ginting: Ada Haru dan Bangga

Hal ini juga sesuai dengan visi dan misi Plt Walikota dr Susanti Dewayani, dalam menciptakan lapangan kerja baru dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan perekonomian daerah.