Siantar, Hetanews.com -Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Pematangsiantar Afirizal Hady SH MH melantik panitera Suardiman SH. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di ruang sidang Kartika, Kamis (24/3/2022).

Suardiman SH menggantikan pejabat lama Kaspendi Sembiring SH yang mutasi ke PN Bantul. Sebelumnya, ia bertugas sebagai panitera di PN Pelalawan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan serta penandatangan berita acara pelantikan dibimbing rohaniawan dengan saksi sekretaris Zulfahri Siagian SH dan hakim Renni P Ambarita SH. 

Afrizal Hady SH MH dalam arahan dan bimbingannya menjelaskan Panitera bertugas menyelenggarakan administrasi perkara, para Panitera Muda, Panitera Pengganti, serta seluruh pelaksana di bagian teknis Pengadilan. 

Panitera juga bertugas membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan. Membuat daftar perkara-perkara perdata dan pidana yang diterima di Kepaniteraan. Juga membuat salinan putusan menurut ketentuan undang-undang yang berlaku.

Lebih lanjut dikatakannya, Panitera bertanggung jawab atas pengurusan berkas perkara, putusan, dokumen, akta, buku daftar, biaya perkara, uang titipan pihak ketiga, surat-surat berharga, barang bukti dan surat-surat lainnya yang disimpan di kepaniteraan. Dalam perkara perdata, Panitera bertugas melaksanakan putusan Pengadilan, jelas Hady.

Kepada pejabat struktural yang baru dilantik diharapkan segera menyesuaikan diri dilingkungan Pengadilan Negeri Pematangsiantar. Saling bekerjasama dan sama sama bekerja melaksanakan tugas dengan baik sesuai SOP. 

"Kerjakan tugas tepat waktu, jangan sampai ada yang terbengkalai demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ditandai dengan ucapan selamat oleh seluruh hakim, pegawai dan panitera.

Suardiman dalam kesempatan itu mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh keluarga besar Pengadilan Negeri Pematangsiantar. Untuk diharapkan peran serta dan dukungannya demi terlaksananya tugas tugas kepaniteraan di PN Siantar.