Jakarta, hetanews.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan vaksin menjadi kunci dalam mudik 2022 mendatang.

Tjahjo menyinggung hal tersebut ketika ditanya wartawan soal aturan yang membolehkan ASN (aparatur sipil negara) bepergian ke luar negeri.

"Kan kemarin sudah kita putuskan (ASN boleh ke luar negeri). Sekarang sudah mulai membaik tapi syaratnya ya harus vaksin kedua plus PCR, kalau sudah dua kali vaksin dengan booster kan tidak. Termasuk kami masih siapkan menghadapi hari raya Idul Fitri, mempermudah temen-temen, masyarakat, untuk bisa pulang kampung. Harus tiga kali vaksin, mulai sekarang, vaksin gratis ada kok. Kalau sudah vaksin tiga kali, bebas, mau ziarah, mau silaturahim ke keluarganya di mana pun. Yang baru dua kali vaksin ya harus antigen, tidak harus PCR, cukup antigen. Ini saya kira peran wali kota, peran dandim, peran kapolres, semua pihak mendorong masyarakat, semua harus sudah vaksin," kata Tjahjo.

Tjahjo mengatakan hal tersebut saat ditemui wartawan usai acara peresmian MPP Gajah Mada Kota Mojokerto, Selasa (22/3/2022).

sumber: kumparan.com