HETANEWS.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) Pematangsiantar salurkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada komunitas BOMs ( BSA Owner Motorcylce Siantar) atau Becak Siantar yang memiliki nilai budaya tinggi.

PSBI langsung diserahkan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo kepada Presiden BOMs Siantar H Kusma Erizal Ginting, Minggu (20/3/2022) di Convention hall Siantar Hotel.

Penyerahan PSBI tersebut disaksikan PLt.Walikota Pematangsiantar Dr.Susanti Dewayani, Kapolres AKBP Sutan Binanga Siregar, Dandim 02/07 Simalungun, Kepala Departemen Regional BI Dwi Pranoto, Kepala Perwakilan BI Prov.Sumut Doddy Zulverdy, Kepala KPw BI Sibolga Aswin Kosotali dan komunitas BOMs/pegiat wisata.

Birmingham Small Arms atau BSA yang telah mendapat sentuhan khas menjadi becak Siantar mempunyai nilai keunikan dan penuh Sejarah. Becak Siantar telah menjadi icon Siantar dan telah diabadikan melalui tugu becak yang ada di lapangan parkir Pariwisata jalan Merdeka.

Hal ini menunjukkan Siantar memang pantas disebut kota Wisata dengan berbagai sejarah dan keunikannya. Menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Kota ini. Untuk itu, diharapkan pemerintah daerah terus melestarikan dan menjadikan becak sebagai cagar budaya.

Destinasi wisata di Siantar dapat terus ditingkatkan melalui kearifan lokal yang ada, salah satunya becak bisa dimanfaatkan sebagai transportasi, yang dapat meningkatkan pendapatan daerah dan pertumbuhan ekonomi Siantar.

Baca juga: Ikon Siantar Tak Mampu Bersaing dengan Transportasi Online, Becak Riwayat Mu Kini

Demikian dikatakan presiden BOMs Erizal Kusuma Ginting saat menerima PSBI dan Launching QRIS kepada komunitas BOMS sore itu.

Menanggapi hal itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo sangat mengapresiasi kota Siantar dan Simalungun yang mempunyai nilai jual untuk meningkatkan perekonomian, khususnya di sektor wisata.

Bank Indonesia siap memfasilitasi daerah yang siap dan mau bekerjasama untuk meningkatkan perekonomian demi kesejahteraan semua rakyat Indonesia, katanya.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Teuku Munandar menjelaskan jika target capaian QRIS 15 juta pengguna optimis tercapai.

Untuk capaian tersebut, sejumlah daerah yang menjadi wilayah kerja KPw BI Siantar yang meliputi 8 Kabupaten/Kota (Siantar, Simalungun, Batubara, Tanjungbalai, Asahan, Labuhan Batu,Labura dan Labusel) dipastikan menggunakan Qris.

Qris merupakan sistem pembayaran non tunai dengan Scan Code (barcod) lebih cepat, mudah, aman dan handal. Qris dapat digunakan masyarakat dengan baik becak keliling Siantar cukup bayar menggunakan Qris senilai Rp 854. (854 = BSA), kata Munandar.

Teuku Munandar juga mengatakan jika PSBI yang diserahkan merupakan salah satu bukti konkrit bentuk kepedulian Bank Indonesia dalam sektor wisata. Becak sebagai icon Siantar terus dijaga dan lebih dipopulerkan untuk menarik minat wisata.

Siantar bisa mengoptimalkan pariwisata dengan keunikan yang dimiliki yang tidak dimiliki daerah lain yaitu "Becak BSA," . Bank Indonesi siap mendukung perekonomian Siantar baik di sektor UMKM dan wisata, jelasnya lagi.

" Melihat potensi yang ada, KPw BI Siantar siap untuk lebih meningkatkan berbagai potensi yang ada demi kesejahteraan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi Siantar pada khususnya, Sumatera Utara dan nasional pada umumnya. Percepatan digitalisasi lebih dioptimalkan, dan untuk program digitalisasi tetsebut total PSBI senilai Rp.450 juta," kata Munandar.

Walikota Susanti Dewayani juga mengapresiasi KPw BI Siantar yang telah memperhatikan dan peduli dengan pertumbuhan ekonomi Siantar. Dengan membantu UMKM dan juga pelaku wisata diharapkan mengubah warna Siantar menjadi lebih baik menuju masyarakat yang sejahtera.

Launching QRIs kepada Komunitas BOMS, penggabungan antara tekhnologi dengan tradisional (kuno), sistem digitalisasi dengan becak Siantar. Perpaduan luar biasa menghasilkan sebuah karya wisata yang tentu saja juga menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

Baca juga: Becak Siantar Makin Langka Makin Terpinggirkan