HETANEWS.com - Dukung program kebersihan kota dengan istilah Lihat Sampah Ambil (LISA), pemerintah kecamatan Siantar Barat membersihkan sampah dan selokan yang tumpat penyebab banjir di jalan H Adam Malik Siantar, Jumat (18/03/2022).

Kegiatan itu langsung dipimpin oleh Camat Siantar Barat Pardomuan Nasution bersama Lurah Timbanggalung, Dinas PUPR, Damkar, dan dibantu pengamanan Satlantas Polresta. 

Penggalian sampah di dalam saluran dengan menggunakan alat berat dan tenaga manual, membongkar bak kontrol drainase tepat di tengah jalan Adam Malik -MH Sitorus.

Akibat sampah botol air mineral, kain, kulit telur dan plastik yang menyumbat aliran drainase menyebabkan banjir setiap kali hujan. 

Sampah itu kemudian diangkut denga mobil pickup yang jumlahnya cukup banyak. Tak lama  saluran air kembali lancar. 

"Sampah sudah diangkut, mudah mudahan jika hujan turun tidak ada lagi genangan air di Simpang BI [Kantor Bank Indonesia]," kata Nasution.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga Kecamatan Siantar Barat untuk selalu menjaga kebersihan, dengan mebuang sampah pada tempatnya.

"Mari dukung program LISA, hidup bersih dan sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan menjadikan hidup kita sehat," katanya.