HETANEWS.com - Pemerintah secara resmi menghapus harga eceran tertinggi [HET] minyak goreng kemasan, mulai Rabu 16 Maret 2022. Dengan itu harga minyak goreng kemasan dari berbagai merek sudah di atas Rp 14.000 per liter. 

Bersamaan dengan itu pula peredaran minyak goreng kemasan di Pasar Dwikora Parluasan, Kota Siantar cukup tinggi.

Menurut salah seorang pengusaha kios bahan pokok di Pasar Dwikora, Roberto Purba (27), salah satu penyebabnya karena stok minyak goreng dari distributor mulai dikeluarkan.

Demikian ia sampaikan karena belum lama ini melihat mobil boks berisi minyak goreng dari distributor mulai memasok minyak ke pasar Dwikora.

Menurut dia, pasca penghapusan HET kondisi minyak goreng tersedia namun daya beli menurun karena harga tergolong tinggi.

“[Minyak goreng] enggak langka lagi. Disini kemungkinan yang muncul sudah stok penimbunan yang lama. Tapi itu pun minat beli masyarakat belum tinggi,” kata Roberto kepada Hetanews, Kamis (17/3/2022).

Sebagai pedagang yang mengecer minyak goreng kemasan, Purba mengaku belum bersedia membelanjakan minyak goreng kemasan karena harganya mahal.

Kata dia, sejak HET dihapus satu kotak minyak goreng kemasan kini dibanderol dengan harga Rp 500.000 sampai Rp 600.000 dengan merek premium.

“Belum berani mengambil [membeli dari distributor] mahal kali harganya,” kata pemilik kios di Pasar Dwikora Jalan TB Simatupang, Siantar Utara ini.

Begitupun, menurut dia, harga minyak curah (non kemasan) di pasar tradisional seperti Dwikora tergolong murah dan tersedia. Harga satu liter minyak curah berkisar Rp 17.000.

Sebagaimana diketahui, penghapusan HET disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto usai mengikuti rapat terbatas tentang minyak goreng di Istana Selasa (15/3/2022) lalu.

Airlangga mengungkapkan keputusan itu diambil setelah melihat perkembangan global. Dalam hal ini, ketidakpastian global menyebabkan harga pasokan energi dan pangan naik dan langka. Termasuk ketersediaan CPO untuk minyak goreng.

Baca juga: Harga Eceran Dicabut, Ini Harga Minyak Goreng Alfamart dan Indomaret