Tapsel, hetanews.com - Ruas Jalan Provinsi Sumatera Utara, di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menghubungkan Pasar Sipagimbar menuju Pasar Simangambat, Kecamatan SD Hole tertimbun longsor. Akibatnya akses putus total. Peristiwa terjadi pada Selasa (8/3/2022).

"Lokasinya di Sipira Manuk Lingkungan Sigordang Lombang, Kelurahan Sipagimbar," kata pengurus BKPRMI SD Hole, Riski Sahwin Hasibuan, melansir Antara.

Badan jalan yang tertimbun material tanah dan pepohonan selebar belasan meter dengan tinggi lebih dua meter akibat tebing jalan setinggi sekitar 10 meter amblas dampak curah hujan tinggi di wilayah itu akhir ini.

"Dampaknya arus transportasi lumpuh total. Kendaraan dari dan Sipagimbar - Simangambat tidak bisa melintas. Sementara bertepatan hari pekan Simangambat. Bus anak sekolah juga terganggu," katanya.

Masyarakat berharap pihak terkait agar segera menurunkan alat berat untuk dapat mengevakuasi material longsor dari badan jalan agar dapat lancar kembali.

Ia mengaku, dalam sepekan ini bencana longsor menimbun badan jalan provinsi di wilayah Kecamatan SD Hole terjadi dua kali.

sumber: suara.com