HETANEWS.com - Melihat tiga sosok pemain yang benar-benar jadi bukti bagaimana Jurgen Klopp telah membangun dinasti emasnya selama membesut klub Liga Inggris, Liverpool.

Setiap pelatih mungkin pernah memiliki generasi emas milik mereka sendiri di sebuah klub maupun timnas, entah itu karena berisikan pemain-pemain bintang maupun memborong banyak trofi selama periode tertentu.

Begitu pula Jurgen Klopp, yang telah memasuki tahun ketujuhnya bersama Liverpool. Pelatih sepak bola asal Jerman ini sebelumnya sukses membesut Borussia Dortmund dengan menyumbangkan sejumlah gelar.

Ia juga membawa Mainz 05 promosi ke kompetisi kasta tertinggi setelah finis di peringkat tiga 2.Bundesliga pada musim 2003-2004.

Prestasi yang tidak kalah hebatnya ternyata juga ia sumbangkan untuk Liverpool, mulai dari Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa, sampai gelar Liga Inggris yang telah diidam-idamkan The Reds selama tiga dekade.

Namun semua itu tentu tidak diperoleh melaui hasil sulap dalam semalam. Butuh eksperimen dan juga effort yang cukup lumayan untuk membentuk skuat The Reds yang sekarang.

Apalagi saat datang, Jurgen Klopp berjumpa dengan Liverpool yang masih berkutat mencari manajer terbaik setelah Rafael Benitez. Beberapa nama seperti Kenny Dalglish, Roy Hodgson, dan Brendan Rodgers sempat menghiasi daftar manajer mereka sejak tahun 2010 silam.

Namun tidak ada satu pun yang bertahan cukup lama di Liverpool. Klub akhirnya merekrut Jurgen Klopp dari Borussia Dortmund, yang berhasil membuat revolusi di Liverpool yang hancur setelah Brendan Rodgers gagal membawa mereka juara Liga Inggris.

Puncak keberhasilan Jurgen Klopp terjadi pada periode 2018-2020 ketika sukses memenangkan Liga Inggris, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Jurgen Klopp telah menciptakan skuat yang luar biasa bagi klub Liga Inggris, Liverpool. Foto: John Powell/Liverpool FC via Getty Images.

Bongkar Pasang dan Rekrut Para Pemain yang Tepat

Bersama Michael Edwards, Jurgen Klopp pun melakukan bongkar pasang untuk menemukan skema yang tepat untuk tim idamannya. Di sisi lain, ia juga menggaungkan betapa pentingnya mengubah mental peragu menjadi optimistis.

Ia bahkan sempat berseloroh akan membawa Liverpool juara Liga Inggris empat tahun lagi, saat bicara di konferensi pers pertamanya.

Jerih payahnya pun pada akhirnya terbayar sudah. Liverpool jadi kampiun Liga Inggris pada musim 2019-2020, mengakhiri puasa gelar mereka selama kurang lebih 30 tahun.

Bicara soal revolusi yang dibentuk oleh Jurgen Klopp di Liverpool, tentunya tidak boleh lepas dari peran para pemain. Bagaimanapun juga, mereka adalah elemen paling penting dalam sebuah tim atau skuat.

Berikut tiga pemain yang jadi bukti paling kuat bagaimana Jurgen Klopp berhasil membentuk generasi emasnya di Liverpool saat ini.

Virgil van Dijk

Penampilannya di jantung pertahanan Liverpool membuatnya layak menyandang predikat salah satu bek terbaik dunia. Virgil van Dijk membawa dampak yang lumayan instan ketika diboyong dari Southampton pada 2018 lalu.

Pasalnya, sebelum merapat ke Anfield, pemain asal Belanda ini sudah bermain apik saat masih berseragam The Saints. Ia memiliki kecakapan defensif, kemampuan untuk membaca permainan, dan distribusi yang luar biasa.

Virgil van Dijk tampil apik di Southampton sebelum akhirnya dibajak Jurgen Klopp untuk datang ke Liverpool. Keputusannya itu pun tepat.

Mohamed Salah

Satu lagi pemain yang jadi bukti nyata generasi emas Jurgen Klopp di Liverpool, dengan dua gelar sepatu emas Liga Inggris ditambah deretan rekor hebat yang diciptakannya.

Sama seperti Virgil van Dijk, kesukesesan Jurgen Klopp membesut The Reds berbuah penghargaan individu bagi Mohamed Salah. Kini, ia juga andalan tim dalam setiap pertandingan untuk mencetak gol.

Diogo Jota

Masuk sedikit terlambat, Diogo Jota tidak merasakan kenikmatan panen gelar Liverpool. Saat itu ia masih berseragam Wolverhampton Wanderers. Meski begitu, pemain asal Portugal ini tidak bisa dicoret begitu saja dari daftar generasi emas Jurgen Klopp di Liverpool.

Malahan, ia adalah calon bintang yang tengah dipersiapkan sang manajer untuk masa depan. Ia adalah pemain yang mekar di tangan Jurgen Klopp. Konsistensinya sebagai goalscorer adalah satu tiket menuju tempat reguler di skuat The Reds.

Sumber: indosport.com