HETANEWS.com - Wakil Walikota Siantar terpilih dr Susanti Dewayani akan dilantik oleh Gubsu Edy Rahyadi di Aula Tengku Rizal Nurdin Kantor Gubernur, besok, Selasa 22 Februari 2022 pukul 15.00 WIB.

Pada kesempatan itu, Susanti Dewayani juga diangkat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Walikota menggantikan Walikota terpilih Pilkada Siantar 2020, Almarhum Ir Asner Silalahi. 

Pada kesempatan nanti, tentunya dr Susanti akan dilantik sendirian. Namun dilain sisi, ia selangkah lagi akan menapaki kursi Walikota atau orang nomor satu di Kota Siantar. 

Susanti Dewayani sebelumnya adalah calon Wakil Walikota berpasangan dengan calon Walikota, Ir Asner Silalahi. Asner- Susanti adalah Paslon Tunggal Pilkada Siantar 2020. 

Baca juga: dr Susanti Dewayani Akan Dilantik Sebagai Plt Walikota Sekaligus Wakil

‘Pasti’ julukan Paslon ini berhadapan dengan Kotak Kosong dalam pemungutan suara Pilkada Siantar 9 Desember 2020. Paslon Asner- Susanti memenangkan suara terbanyak.

Namun duka melanda. Setelah pemungutan suara selesai digelar, Walikota terpilih Asner Silalahi (59) meninggal dunia karena sakit di RS Columbia Kota Medan, pada 13 Januari 2021.

Baca juga: Profil Singkat dr Susanti: dokter Spesialis Anak Jadi Ketua Parpol

"Walaupun beliau telah tiada, namun wajah beliau akan tetap ada di hati kita, di hati seluruh masyarakat Siantar," ungkap Susanti saat berziarah ke Makam Asner, Sabtu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Susanti, sekaligus menandakan berakhirnya masa jabatan Walikota Hefriansyah dan wakilnya Togar Sitorus.

Rentan waktu menuju pelantikan butuh waktu lama. Terhitung sejak penetapan perolehan suara, Desember 2020 hingga 22 Februari 2022. 

Penundaan ini tak lain karena akhir masa jabatan [AMJ] Hefriansyah-Togar ditetapkan satu periode yakni 2017-2022. 

Perjalanan Susanti menuju kursi Walikota Siantar hampir serupa dengan perjalanan Hefriansyah. Persamaanya, keduanya beranjak dari status Wakil Walikota.

Baca juga: Masa Jabatan Hefriansyah-Togar Berakhir Genap 1 Periode

Sementara itu, adapun persiapan pelantikan sudah cukup matang. Antara lain acara disiarkan melalui live streaming kanal youtube, Instagram, Facebook Info Sumut. 

“Oleh karena itu kita sebagai warga masyarakat Kota Siantar mari kita sambut pemimpin kita dengan suka-cita dengan euforia yang tidak berlebihan, dapat kita saksikan melalui Live Streaming yang disiapkan Kominfo Sumut,” tulis siaran pers Kominfo Siantar.

Acara seremonial usai pelantikan Susanti juga persiapkan di Kota Siantar. Rencananya digelar di rumah Dinas Wakil Wali Kota Siantar di Jalan Maluku.

Baca juga: Ziarah Ke Makam Asner Silalahi, dr Susanti Meneteskan Air Mata