HETANEWS.com - Wakil Walikota Siantar terpilih dr Susanti Dewayani akan dilantik oleh Gubsu Edy Rahyadi di Aula Tengku Rizal Nurdin Kantor Gubernur, besok Selasa 22 Februari 2022 pukul 15.00 WIB.

Susanti Dewayani juga diangkat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Walikota menggantikan Walikota terpilih Pilkada Siantar 2020, Almarhum Ir Asner Silalahi.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini sekaligus menandakan berakhirnya masa jabatan Walikota Hefriansyah dan wakilnya Togar Sitorus.

Hefriansyah sebelumnya adalah calon Wakil Walikota Siantar berpasangan dengan Calon Walikota Hulman Sitorus.

Paslon julukan ‘Manis’ ini memenangkan perolehan suara terbanyak Pilkada Siantar susulan Rabu 16 November 2016.

Proses ini tertunda sekitar 11 bulan dari jadwal pada 9 Desember 2015, karena gugatan salah satu pasangan calon.

Hefriansyah menggantikan pasangannya Hulman Sitorus. Walikota Siantar pemenang suara terbanyak itu meninggal dunia Kamis, 8 Desember 2016.

Kemudian Gubernur Sumut yang saat itu dijabat H Tengku Erry Nuradi secara resmi melantik Hefriansyah sebagai Walikota, Kamis 10 Agustus 2017 untuk masa jabatan 2017-2022.

Sebelum walikota, Hefriansyah dilantik sebagai wakil Walikota Siantar dan pelaksana tugas pada 22 Februari 2017.

Berbeda dengan Hefriansyah, Togar Sitorus resmi ditetapkan sebagai Wakil Walikota pada sidang Paripurna DPRD di Aula Harungguan, Senin 11 September 2017.

Kemudian H Tengku Erry Nuradi melantik Togar Sitorus sebagai Wakil Wali Kota Siantar, Jumat 12 Januari 2018.

Togar merupakan mantan Anggota DPRD Siantar periode 2014- 2019 sekaligus Ketua DPC Partai Demokrat Kota Siantar.

Sebelum masa jabatan berakhir, pekan lalu Walikota Hefriansyah tampak mulai mempersiapkan diri. Beberapa kali ia terlihat mengendarai mobil pribadi.

Di penghujung masa jabatannya, Hefriansyah juga memimpin apel di lapangan H Adam Malik bersama Togar Sitorus, pagi tadi Senin (21/2/2022).

Sementara sore sekitar pukul 16.00 WIB, ia melantik kembali Budi Utari sebagai Sekretaris Daerah (Sekda).

Budi kembali duduk sebagai Sekda setelah diberhentikan oleh Hefriansyah Rabu 25 September 2019. Sejak pemberhentian itu, jabatan Sekda dipimpin pelaksana tugas.

Pada kesempatan itu, Hefriansyah tidak didampingi Togar Sitorus. Hefriansyah datang sendiri dan terlihat tidak banyak bicara. Ia bergegas meninggalkan lokasi pelantikan usai berswafoto.

Baca juga: Kota Di Masa Kepemimpinan Hefriansyah-Togar