JAKARTA, HETANEWS.com - Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mendukung kebijakan pemerintah yang sangat berhati-hati dalam perubahan status Covid-19 dari pandemi menjadi endemi.

Hal ini disampaikan Sahroni menanggapi pernyataan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Diketahui, Luhut menyebut pemerintah tak ingin latah dengan kebijakan sejumlah negara yang telah lebih dulu melonggarkan aturan terkait covid-19.

“Saya sepakat dengan pernyataan Pak Luhut bahwa memang kita semua harus hati-hati dengan kondisi pandemi ini, dan semua ada tahapannya untuk menuju endemi. Tidak bisa ujuk-ujuk atau asal ikut-ikutan negara lain saja. Setiap negara memiliki kondisi khasnya masing-masing, dan tentu itu harus jadi pertimbangan,” kata Sahroni dalam keterangannya, Senin (21/2/2022).

Sahroni menambahkan sejauh ini pemerintah sudah melakukan yang terbaik dalam menyusun kebijakan Covid-19 ke depannya. Sahroni menyebut berbagai kebijakan ini selalu berdasarkan pada data dan fakta di lapangan, dan dengan evaluasi yang terukur.

“Pemerintah telah melakukan yang terbaik dalam menyusun kebijakan Covid-19. Kita lihat seluruh kebijakan yang ada selalu berdasarkan data dan fakta di lapangan, juga dengan evaluasi dan update secara berkala. Jadi, memang langkah yang diambil sudah sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Sahroni meminta masyarakat untuk mengikuti proses yang ada dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Saya rasa masyarakat tidak perlu khawatir, semua berproses. Jadi, kita tinggal ikuti saja proses dan tahapannya. Insyaallah kalau kita taat vaksinasi, taat prokes, menjaga imun dan tidak stres, pandemi ini akan cepat berakhir dan ganti status dari pandemi jadi endemi,” demikian Sahroni.

Sumber: beritasatu.com