Toba, hetanews.com - Guna menekan laju kasus penularan Covid -19, Sat Binmas Polres Toba bersama dengan Bhabinkamtibmas melakukan upaya edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat Dusun  I Ds. Narumonda V Kec.siantar narumonda Kab. Toba agar tetap mematuhi protocol kesehatan dan tetap menjaga pola hidup sehat.

Selain melakukan upaya pencegahan, Sat Binmas Polres Toba juga melakukan upaya tracing kepada warga yang terkonfirmasi Positif Covid-19. Tujuan tracing tersebut adalah untuk mengetahui riwayat kontak erat dengan penderita, setelah diketahui, personil kemudian melakukan upaya – upaya untuk membantu penderita dapat melakukan isolasi mandiri dengan baik dan benar. sehingga penyebaran atau penularan Virus dapat dicegah.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya, S.I.K, M.H, melalui Kasie Humas Iptu Bungaran Samosir juga mengatakan, bahwa Polri bekerja sama dengan instansi terkait lainnya untuk memantau warga yang terkonfirmasi sampai sembuh. Pihaknya juga memberikan dan mendistribusikan vitamin dan obat-obatan yang diperlukan penderita selama menjalani isolasi mandiri.

Telah dilaksanakan testing Swab antigen Sars-Cov-2 terhadap kontak erat dengan Hasil 5 (Lima) Orang Negatif atas nama: 

1. L. A. S, 39 tahun, Lk, Wiraswata, Dusun  I Ds. Narumonda I Kec.)siantar narumonda Kab. Toba.(Negatif).

2. R. R. M, 73 tahun, Lk,  Pensiunan, Jl. Prof. Dr. Kp.  Tarnama sinambela Dusun  I Ds. Narumonda I Kec.siantar narumonda Kab. Toba.(Negatif) 

3.R.S, 62 tahun, Perempuan,  Pensiunan, Jl. Prof. Dr. Kp.  Tarnama sinambela Dusun  I Ds. Narumonda I Kec.siantar narumonda Kab. Toba.(Negatif)
 
4. W. J. E. S, 10 tahun, Pr, Pelajar, Dusun  I Ds. Narumonda I Kec.siantar narumonda Kab. Toba.
(negatif).

5.O. S. L. S, 06 tahun, Lk, Pelajar, Dusun  I Ds. Narumonda I Kec.siantar narumonda Kab. Toba. (negatif).

“Petugas Kami bersama dengan instansi terkait lainnya setelah melakukan tracking, kemudian menempel stiker tanda isoman di rumah warga sebagai tanda bahwa penghuni rumah tersebut sedang menjalani Isolasi mandiri, tujuannya, agar masyarakat yang lain lebih sadar prokes dan mengetuk nurani tetangganya untuk lebih peduli dengan memberikan bantuan selama isoman.” Ungkap Kasie Humas Polres Toba.

Kapolres Toba menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan secara konsisten, menerapkan 5M serta menghindari bepergian keluar kota. Karena indikasi penularan Covid-19 di wilayah Karanganyar dibawa oleh warga yang usai melakukan perjalanan keluar kota.