HETANEWS.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri Simalungun, Mince Ginting, Aries Ginting dan Dessy Ginting perintahkan agar terdakwa M.Rizky Rajagukguk alias Kiki (24) direhabilitasi. Putusan hakim tersebut sesuai dengan tuntutan jaksa Fransiska Sitorus, SH.

M.Rizky warga jalan Stadion Kelurahan Perdagangan I Kecamatan Bandar sebelumnya terbukti menggunakan Sabu sabu. Terdakwa Dipersalahkan melanggar pasal 127 (1) huruf a UU RI No 35/2009 tentang narkotika.

"Terbukti menggunakan narkotika bagi diri sendiri. Menjatuhkan pidana selama 6 bulan untuk menjalani rehabilitasi," kata hakim.

Humas PN Simalungun Aries Ginting SH yang dikonfirmasi Hetanews Senin (14/2/2022) di kantornya mengatakan, putusan tersebut sama dengan tuntutan jaksa. "Rehabilitasi tersebut merupakan hukuman juga," jelasnya.

Terdakwa ditangkap dari dalam kamar kos milik Hardi Prayoga di kompleks Stadion Kelurahan Perdagangan pada Rabu, 23 Juni 2021. Terdakwa bermaksud mengajak Hardi Prayoga menggunakan sabu sabu.

Saat baru saja duduk di dalam kamar, langsung digerebek personel Polres Simalungun. Saksi Fernando Nababan, Efraim Purba, Leonard Silalahi menyita sepaket sabu 0,04 gram dari selipan kasur dekat dinding kamar, kaca pirex dan pipet.

Sabu yang akan digunakan terdakwa diterima dari Iwal (DPO). Sejak ditangkap personil Polres Simalungun, terdakwa sudah ditempatkan di pusat rehabilitasi karena dikategorikan sebagai pecandu.

"Terdakwa harus menjalani rehab selama 6 bulan di pusat rehabilitasi Sungai Jordan Perdagangan," kata hakim.